Wingko Babat Oleh-oleh Khas Semarang, Ternyata Berasal Dari Jawa Timur

Kamis 15-02-2024,16:58 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Dengan berkembangnya bahasa Indonesia, Cap Spoor kemudian diganti dengan Cap Kereta Api.

Banyak pelanggannya yang bingung setelah munculnya Wingko Babat, yang dibuat oleh orang lain yang menggunakan tanda pada gambar kereta api, sehingga ia menambahkan nama D. Mulyono d/h Loe Lan Siang (nama Ayahnya).

BACA JUGA:Mengenal Sejarah Terciptanya Fuyunghai, Makanan Khas Chinese yang Populer di Indonesia

Pada tahun 1958, D Mulyono mulai mendaftarkan merek Wingko yang diciptakannya. Beberapa kompetitor juga menggunakan merek tersebut, sehingga D Mulyono mengajukan somasi kepada pabrikan tersebut. Sejak saat itu, Semarang memiliki banyak wingko babat lain selain milik Cap Kereta Api.

Pada tahun 1965, pusat perdagangan Semarang dipindahkan dari Kota Lama, Pecinan dan Alun-alun Masjid Kauman ke kawasan Simpang Lima yang baru didirikan.

Jalan Pandanaran, antara Tugu Muda dan Simpang Lima, sudah mulai dipenuhi oleh toko souvenir dan pedagang kaki lima seperti Bandeng Juwana.

Wingko Babat terbuat dari kelapa parut, gula pasir, tepung ketan, dan santan. 

BACA JUGA:Mengenal Sejarah Terciptanya Fuyunghai, Makanan Khas Chinese yang Populer di Indonesia

Cara membuat Wingko babat pun cukup sederhana. Pertama campurkan semua bahan kecuali santan, telur dan minyak goreng. Aduk rata dan remas-remas dengan tangan.

Kemudian masukkan santan hangat sedikit demi sedikit, sambil terus remas-remas adonan hingga rata. Hentikan penambahan santan bila adonan sudah dapat dipulung, jangan terlalu lembek atau encer.

Jika sudah Masukkan kocokan telur dan minyak goreng. Aduk rata. Panaskan wajan datar anti lengket atau wajan cetakan kue lumpur. Olesi dengan margarin.

BACA JUGA:Cafe Keva, Kafe Girly Bernuansa Warna Pink Cocok Untuk Nongkrong Cantik

Tuang 1 sdm penuh (munjung) adonan wingko. Panggang dengan api kecil hingga kuning kecoklatan di kedua sisinya. Angkat, Wingko Babatpun siap disajikan.

Bagaimana menurutmu, soal rasa tidak perlu diragukan lagi karena rasa dari Wingko Babat ini sangat khas rasanya manis gurih bikin nagih dan aroma nya yang khas.(**)

Kategori :