Honda Vario 160 Lawan Varian Tertinggi Yamaha Lexi 155, Siapa Yang Menang?

Kamis 18-01-2024,10:26 WIB
Reporter : Asep
Editor : Rajman Azhar

Konsep flat footboard masih sama seperti sebelumnya. Begitu pula panel bodi tengah ke belakang. Tetap memberikan kesan kalem dengan satu garis melengkung dari tengah menuju bagian atas lampu belakang. Stoplamp kini lebih meruncing dan punya wujud stylish. Tak ketinggalan terdapat tambahan mata kucing di bagian belakang kanan-kiri sepatbor.

Khusus untuk Lexi LX 155 Connected/ABS hanya tersedia satu warna, yakni magma Black. Dilengkapi sentuhan aksen emas di emblem logo Lexi di panel bodi, pelek dan tabung shock belakang, serta jahitan pada jok. Kombinasi itu makin mempertegas image mewah dan berkelas.

Rancang Bangun

Honda Vario 160

Buat mendukung kenyamanan, Vario 160 varian tertinggi pakai teknologi rangka eSAF (enhanced Smart Architecture Frame). Klaimnya dapat membuat dirinya semakin lincah dan mudah dikendarai. Tapi penggunaan frame model ini tidak berdampak positif pada sektor lain. Padahal pengaplikasian eSAF pada kedua saudaranya (Scoopy dan Genio) dapat memangkas berat total dan mampu berikan ruang penyimpanan lebih luas. Vario 160 bobotnya justru meningkat. Sebelumnya 112 kg kini menjadi 117 kg (ABS). Volume bahan bakar dan ruang bagasi di bawah jok juga masih sama dengan model sebelumnya, masing-masing 5,5 liter dan 18 liter.

Untuk mengakomodasi para pengendaranya, Honda Vario 160 punya dek rata. kaki bisa bergerak lebih leluasa. Sedang buat dimensinya 1.929 x 679 x 1.088 mm (PxLxT). Tinggi tempat duduk 778 mm. Jarak sumbu roda 1.277 mm dan jarak terendah ke tanah 140 mm.

BACA JUGA:Proud to Ride All New Honda Vario 160 Hadirkan Pesona Pencinta Vario

Kaki-kakinya masih mempercayakan suspensi depan teleskopik dan belakang pakai swing arm yang dimaksimalkan shockbreaker tunggal. Meski demikian, dipercaya mampu meredam getaran dan tetap terasa nyaman dipakai meski di medan berat sekalipun.

Sementara diameter roda 14 inci dan pakai palang model baru. Kulit bundarnya berprofil lebar dengan ukuran 100/80 (depan) dan 120/70 (belakang). Kedua ban sudah berjenis tubeless.

Lawannya pakai tipe frame underbone. Memanfaatkan rangka besi dengan model semacam pipe (pipa). Memiliki konstruksi yang sangat kokoh dan simple. Di lain sisi, kontruksi ini mempunyai suatu derajat elastisitas, sehingga benturan akibat keadaan jalan sebagian sudah diredam oleh komponen rangka pipa.

Yamaha Lexi 155

Lexi LX 155 juga memiliki area pijakan kaki luas. Berguna bagi pengendara wanita yang menggunakan rok ataupun kain. Secara dimensi masih sama seperti generasi sebelumnya. Panjang 1.970 mm, lebar 720 mm dan tinggi 1.135 mm. Tinggi jok yang mencapai 770 mm dan jarak terendah ke tanah 135mm. Berat total cuma 118 kg dan penampung bensin sebesar 4,2 liter.

Karena mengusung basis yang sama seperti generasi sebelumnya, suspensi belakang Lexi LX 155 masih mengusung model tunggal. Begitu pula desain peleknya. Hanya saja box CVT kini lebih besar.

Ia telah disematkan Sub-tank suspension untuk peredaman yang lembut ketika berkendara di berbagai kondisi jalan. Kestabilan motor ini tidak perlu diragukan, karena menggunakan ban berprofil lebar. Ukuran 90/90-14 inci di depan serta 100/90-14 inci di belakang. Kedua ban sudah tubeless.

Kesimpulan

Yamaha Lexi LX 155

Kategori :