Bagaimana Sunscreen Yang Baik? Ternyata Bukan Hanya Tinggi SPF, Tapi Harus Memiliki Kandungan Berikut

Rabu 13-12-2023,12:04 WIB
Reporter : Asep
Editor : Fino

Sunscreen yang bagus biasanya memiliki tekstur yang ringan sehingga mudah diserap kulit. Selain itu, kandungan sunscreen yang mudah diserap oleh kulit biasanya tidak meninggalkan residu putih yang biasa disebut dengan white cast. 

Biasanya tekstur sunscreen yang terlalu kental dan sulit menyerap merupakan salah satu penyebab white cast. Tekstur yang ringan juga memudahkan aplikasi makeup sesudahnya.

BACA JUGA:Agar Hasil Maksimal, Berikut Cara Pakai Sunscreen yang Tepat untuk Kulit

4. Sunscreen tanpa kandungan minyak

 Agar sunscreen nyaman digunakan, pastikan produk sunscreen yang Anda gunakan berbahan dasar air dan tidak memiliki kandungan mineral oil di dalamnya. 

Kandungan minyak dalam sunscreen dapat meninggalkan rasa lengket di kulit wajah saat diaplikasikan. Kandungan minyak juga menjadi magnet bagi debu dan kotoran untuk menempel di kulit wajah.

5. Water resistant

 Perlu Anda ketahui bahwa formula sunscreen tidak dapat bertahan terlalu lama setelah diaplikasikan, karena itu mudah luntur setelah terkena air, keringat, atau saat wajah diseka menggunakan tisu. 

Jika Anda ingin menggunakan sunscreen yang dapat bertahan lebih lama, maka pilih yang memiliki kemampuan water resistant.

Sunscreen yang water resistant dapat bertahan selama 40-80 menit walaupun Anda sering berkeringat atau terkena air. Walaupun begitu, Anda tetap perlu mengaplikasikannya ulang setelah dua jam.

6. Memiliki kandungan sunscreen yang aman bagi kulit

BACA JUGA: Wajib Tahu! Ini Dia Perbedaan Sunblock dan Sunscreen

Sunscreen dengan kandungan bahan-bahan yang aman dan teruji secara klinis dapat meminimalisir terjadinya iritasi saat digunakan, serta dapat memberikan perlindungan yang optimal bagi kulit. 

Kombinasi bahan-bahannya juga sangat diperhatikan sehingga tidak memberi efek buruk bagi kulit; malah sebaliknya, dapat memberi manfaat ekstra bagi kulit wajah.

Bahan-Bahan Kandungan yang Diperlukan Sunscreen

Berikut ini bahan kandungan yang diperlukan dalam produk sunscreen, sebagai berikut:

Kategori :