Setidaknya, fitur hiburan pada Renault Triber tidak mengecewakan. Terdapat head unit 8 inci dengan sistem Apple CarPlay dan Android Auto. Hal yang cukup mengesankan yaitu Triber sudah mendapatkan fitur keyless entry pasif dan MID 3.5 inci.
Pengaturan AC juga cukup lengkap sekalipun masih manual, karena terdapat blower 4 percepatan dan pengatur arah semburan ke 5-arah. Tersedia juga heater atau penghangat kabin yang memanfaatkan selang hawa panas dari radiator mobil ini
Adanya tombol start and stop engine button membuat Anda hanya tinggal menginjak pedal kopling saja untuk versi manual atau pedal rem di transmisi otomatis. Setelah itu, tekan tombol start stop dan mesin akan menyala dan menderu.
Spesifikasi Mesin dan Performa Renault Triber
Renault Triber dibekali mesin 1.0 liter atau tepatnya 999 cc, tapi berbeda dengan milik Kwid. Triber menggunakan sistem VVT ganda yang menjadikan lebih responsif. Adapun mobil ini memakai sistem penggerak roda depan seperti halnya Kwid.
Mesin yang digunakan oleh Triber ini mengadopsi milik Renault Clio dan Dacia Sandero yang dipasarkan di Eropa dan Amerika Selatan.
Mesin tersebut mampu menghasilkan daya hingga 72 HP dengan torsi puncak mencapai 96 Nm dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan dan automated manual transmission (AMT) 5-percepatan.
Untuk kaki-kaki dan suspensi memakai McPherson Strut & Torsion Axle Beam. Kombinasi ini membuat bantingan suspensi Renault Triber cukup pas, tidak terlalu keras atau keempukan. Tujuannya, supaya mobil juga tidak limbung saat bermanuver dan dipacu kecepatan tinggi.
BACA JUGA:Motor Baru Honda CB150R Streetster 2024 Resmi Dirilis, Ini Penampakannya
Fitur Keamanan dan Keselamatan Renault Triber
Renault Triber yang merupakan MPV kelas entry level telah memiliki fitur keyless berupa smart acces card. Anda hanya perlu memasukkan 'kunci' berbentuk kartu ini ke kantung saja, dan ketika Anda berjalan mendekati mobil, secara otomatis kunci pintu terbuka, begitu pula sebaliknya. Kita juga tidak perlu memutar kunci kontak dan cukup memencet tombol start stop button untuk menghidupkan mesin mobil.
Untuk fitur keselamatannya juga sudah oke, karena ada empat airbag yang menutupi bagian depan dan samping dari baris pertama. Fitur lainnya yaitu sabuk pengaman tiga titik di semua baris, dengan seatbelt pengemudi dilengkapi dengan pretensioner. Fitur keselamatan aktif yang tersedia hanyalah Anti-lock Braking System (ABS) dan rear parking camera yang terintegrasi di head unit.
Kelebihan dan Kekurangan Renault Triber
Renault Triber berusaha memberi gebrakan baru pasca hengkangnya Datsun Go+ dari Indonesia. Mobil buatan India ini memiliki interior yang lapang termasuk hingga baris ketiga. Fiturnya juga tidak malu-maluin, karena sudah terdapat keyless dimana mobil di segmen LCGC belum ada yang menyediakannya.
Sekalipun dibekali mesin yang kecil, output tenaga yang dihasilkan tak kalah jauh dengan mobil bermesin 1.200 cc di Indonesia. Tentunya, mesin kecil ini membuat konsumsi bahan bakar semakin baik dan irit. Renault Triber pun menjadi ancaman baru yang menawarkan fitur dan desain berbeda dari LCGC kebanyakan.
Namun demikian, pendatang baru ini juga punya banyak pekerjaan rumah yang harus disiapkan sebelum menjual Renault Triber di Indonesia. Renault harus memperluas jaringan penjualan berikut layanan purna jual hingga ke kota-kota kecil yang konsumennya menjadi target utama mobil ini.