Cara Mudah Menabung untuk Pelajar Sejak Dini

Jumat 01-12-2023,12:03 WIB
Reporter : Jamal Maarif
Editor : Jamal Maarif

BENGKULUEKSPRESS.COM - Menabung bukanlah suatu hal yang sulit, namun diperlukan tekad kuat dan tips yang tepat untuk dapat melakukannya. Bahkan, pelajar yang bergantung pada uang saku harian tetap bisa menyisihkan uang untuk sekedar dikumpulkan sebagai aset berharga milik sendiri.

Kebiasaan menabung yang dipupuk mulai kecil ini bisa berdampak positif pada pemenuhan kebutuhan finansial di masa depan. Agar dapat mengumpulkan uang dengan praktis dan mudah, simak dan terapkan tips menabung untuk pelajar di bawah ini.

BACA JUGA:Bantu Hilangkan Flek Hitam, Daftar Skincare Berikut Bisa Dicoba

Proses menabung yang efektif berawal dari kemauan dan tekad tinggi. Meskipun terlihat sederhana, menabung merupakan kegiatan yang sistematis.

Pelajar yang pemasukannya hanya berasal dari uang saku tidak perlu khawatir. Tips menabung untuk pelajar berikut dapat memudahkan proses menyimpan uang dengan praktis dan mudah.
1. Menentukan Tujuan Menabung

Sebelum mulai menabung, tentukan dulu tujuan yang ingin dicapai. Tujuan menabung untuk pelajar bermacam-macam, mulai dari membeli tas baru hingga mengumpulkan biaya pendidikan.Dengan tujuan yang pasti, pelajar akan lebih semangat menabung dan mencapai target sesuai dengan ekspektasi.

BACA JUGA:5 Keunikan dan Manfaat Tembiluk, Makanan dari Cacing Khas Suku Dayak Bulusu, Kalimantan Utara

2. Menyisihkan Uang untuk Ditabung

Pelajar yang mendapatkan uang saku secara rutin bisa memperkirakan pengeluaran harian. Sisa uang saku setiap harinya bisa digunakan untuk ditabung. Seberapapun nilainya, sisa uang saku yang ditabung masih bisa menambah saldo tabungan.

Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit. Itulah tips menabung untuk belajar yang perlu diterapkan agar target menabung cepat dicapai.

3. Membuat Catatan Pengeluaran

Salah satu tips konsisten menabung adalah mencatat pengeluaran secara rutin, baik itu harian, mingguan, dan bulanan.Buatlah catatan tabungan di buku tulis dan mulai buat tiga kolom berisi uang saku yang dikantongi, pengeluaran, dan sisa uang saku.

Catat setiap pengeluaran dan sisa uang untuk ditabung agar dapat mengawasi berapa total uang yang sudah terkumpul dalam periode waktu tertentu.

BACA JUGA:Rezeki Lancar dan Jadi Kekasih Allah SWT, Gus Baha: Baca Ini 3 Kali Setelah Sholat Tahajud

4. Mengeluarkan Uang Sesuai Kebutuhan

Terdapat skala prioritas yang perlu dikenali dalam menerapkan tips menabung untuk pelajar. Sederhananya, pengeluaran perlu dilakukan sesuai dengan prioritas kebutuhan.Sebagai pelajar, kebutuhan uang yang paling penting ada di kebutuhan belajar, transportasi, dan konsumsi.

Pastikan untuk memenuhi kebutuhan belajar, seperti peralatan tulis dan buku pelajaran, terlebih dahulu. Setelah itu, barulah gunakan uang saku untuk memenuhi kebutuhan lainnya.

5. Membawa Bekal dari Rumah

Tips menabung untuk pelajar yang simpel tapi sangat efektif adalah membawa bekal dari rumah. Dengan membawa bekal, pengeluaran untuk membeli jajan di sekolah bisa dikurangi. Jika pengeluaran berkurang, maka sisa uang saku yang bisa ditabung pun bisa bertambah.

Nominal uang tabungan yang semakin besar dapat mempercepat proses menabung dan membantu mencapai target dalam waktu yang lebih singkat dari ekspektasi.

BACA JUGA:Dijuluki Adik Panther, Berikut Harga Dan Spesifikasi Isuzu Traga

6. Memanfaatkan Diskon dan Promo

Menabung yang efektif bisa dilakukan dengan memanfaatkan diskon dan promo dengan bijak. Hanya beli produk yang bertanda diskon di supermarket.Baca juga katalog belanja sebelum memutuskan untuk membeli barang yang diperlukan. Jangan lewatkan kesempatan untuk menghemat pengeluaran.

Tidak hanya di supermarket, kamu pun bisa menggunakan diskon dan promo transportasi online untuk menekan biaya transportasi.

7. Menerapkan Gaya Hidup Hemat

Hidup hemat adalah salah satu tips menabung untuk pelajar yang sangat berguna. Kebiasaan untuk menghemat pengeluaran ini bisa diterapkan hingga dewasa.Adapun gaya hidup hemat dikenal sebagai frugal living dalam bahasa Inggris. Seseorang yang menerapkan gaya hidup frugal living memprioritaskan penekanan pengeluaran.

Beberapa contoh dari gaya hidup hemat sudah disebutkan di poin-poin di atas, seperti memanfaatkan promo dan mengeluarkan uang sesuai kebutuhan.

BACA JUGA:Gudeg Pilihan Wisata Kuliner Terenak dan Termurah di Yogyakarta

8. Mengumpulkan Dana untuk Investasi

Uang yang dikumpulkan tidak hanya bisa disimpan untuk ditabung, namun juga dijadikan sebagai dana investasi.Pelajar bisa mulai berinvestasi secara aman dengan aset berharga yang nilainya tidak begitu fluktuatif, seperti saham.

Adapun salah satu aset yang memiliki risiko rendah adalah emas. Sekalipun di tengah inflasi dan resesi, harga emas tetap stabil dan bahkan cenderung naik.Secara histori, nilai emas memiliki kecenderungan untuk naik setiap tahunnya. Hal tersebut dapat menguntungkan investor emas yang melakukan investasi jangka panjang.

Dalam jangka pendek, emas juga memiliki keunggulan tersendiri. Emas memiliki tingkat likuiditas tinggi sehingga bisa dicairkan atau digadaikan kapan saja. Investasi emas memberikan fleksibilitas dan aksesibilitas bagi pelajar yang ingin belajar berinvestasi dari usia muda.

BACA JUGA:Nasi Tiwul, Wisata Kuliner Khas Wonogiri Memiliki Tekstur dan Cita Rasa yang Unik

Itulah tips menabung untuk pelajar yang praktis dan mudah dilakukan. Dengan menyisihkan uang saku secara rutin, target menabung bisa dicapai dalam waktu singkat.Kebiasaan menabung tersebut bisa membantu pelajar untuk menumbuhkan mindset finansial yang menguntungkan di masa depan.

Selain menyisihkan uang saku untuk disimpan, pelajar bisa mencoba menabung emas agar dapat belajar berinvestasi dengan aman sembari mendapatkan keuntungan.(**)

Kategori :