Hati-Hati, Ini Bahaya Uap dari Bensin Ini Jika Terhirup Berlebihan

Rabu 15-11-2023,17:02 WIB
Reporter : Jamal Maarif
Editor : Jamal Maarif

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pernahkah kamu mencoba sengaja menghirup uap dari bensin? Mencium bau bensin bagi beberapa orang ternyata menimbulkan rasa rileks dan baunya enak, bahkan dianggap sebagai sensasi menyenangkan seperti efek mabuk atau ngefly’. Jika kamu salah satunya, jangan keterusan dan coba hentikan kebiasaan tersebut karena tentunya membahayakan untuk kesehatan.

Ketika ingin membeli bensin di SPBU pun kamu perlu berhati-hati agar tidak terlalu sering menghirup dalam skala besar karena dampaknya yang cukup serius untuk kesehatan. Yuk cari tau apa dampak menghirup uap bensin berlebihan!

BACA JUGA:Laser Wajah Untuk Kecantikan, Berikut Jenis Dan Manfaatnya

Uap dari bensin biasanya memang tak bisa terhindarkan pada saat kamu tengah antri membeli bensin di SPBU. Terkadang selama mengantri, kamu akan banyak menghirup uap bensin yang dapat mengakibatkan masalah serius pada kesehatan.

Jika memang tidak dapat menghindarkan diri untuk membeli bensin di antrian yang cukup panjang, kamu perlu melakukan langkah preventif agar kesehatan tetap terjaga meskipun harus menghirup uap bahan bahar cukup lama. Jangan salah, ada sebagian orang yang merasa bahwa menghirup uap bahan bakar itu menyenangkan dan membuat rileks, padahal bahayanya bisa ada di depan mata, lho!

BACA JUGA:Usia 40 Tahun Keatas, Begini Tips Untuk Perawatan Wajah

Melansir dari Healtline, uap dari bahan bakar ini mengandung benzena dan metana yang keduanya merupakan senyawa dari kimia berbahaya. Setidaknya 150 bahan kimia hidrokarbon juga terdapat di dalam bensin yang beberapa diantaranya adalah:
Alkena
Benzene
Metana
Xilena
Toluna

Uapnya tentu akan berdampak pada kesehatan sehingga pada orang yang sensitif terhadap bau tajam bahkan dapat menyebabkan sakit kepala, mual dan muntah. Senyawa hidrokarbon yang terdapat pada bensin juga merupakan senyawa racun yang jika masuk ke aliran darah akan mengontaminasinya.

BACA JUGA:Tips Alami Menghidrasi Kulit Agar Tetap Sehat dan Elastis

Apa saja gejala jika sudah menghirup uap bensin berlebihan?
Uap dari bensin yang terhirup secara berlebihan dapat memicu beberapa gejala seperti:
Sakit kepala
Pusing
Iritasi hidung
Iritasi tenggorokan
Mual
Muntah
Linglung
Muka merah
Sulit bernapas
Batuk atau mengi
Badan lemas
Penglihatan kabur

BACA JUGA:Jangan Salah, Berikut Perbedaan Face Wash dan Face Scrub

Jika sudah terasa gejala seperti ini, segera pergi dari sumber bau dan cari udara segar dalam ruangan terbuka agar racun dan gas dalam tubuh segera dikeluarkan. Pada kulit yang terkena bensin juga dapat mengakibatkan:
Iritasi kulit ringan
Peradangan kulit
Kulit pecah, mengelupas atau melepuh
Keluar cairan seperti nanah
Luka bakar
Kehilangan penglihatan sementara
Sakit mata

BACA JUGA:Masker Kopi, Berikut Manfaatnya Untuk Wajah

Bahaya apa yang dapat dirasakan tubuh saat uap dari bahan bakar terhirup secara berlebihan? Uap dari bensin yang terhirup secara berlebihan dapat menyebabkan berbagai bahaya untuk tubuh, antara lain:

1. Kerusakan saraf
Menghirup uap bensin terlalu banyak dapat menyebabkan kerusakan sistem saraf dan bahkan bahaya dalam jangka panjang. Residu dari uap bensin menumpuk dalam tubuh, merusak mielin atau selubung tipis pelindung serabut saraf otak. Jika ini terjadi, maka seseorang akan sulit untuk melakukan percakapan seperti biasa dan sulit mengingat. Kerusakan ini juga dapat menyebabkan tremor dan kejang otot sehingga memengaruhi kemampuan untuk berbicara, berjalan, membungkuk dan sebagainya.

2. Bahaya permanen
Uap bensin merupakan bahan kimia yang dapat menyebabkan banyak kerusakan dan sulit untuk pulih seperti kerusakan otak, sumsum tulang belakang, kelemahan otot, penyakit degeneratif hingga kerusakan pada indra penciuman.

BACA JUGA:Mitsubishi Pajero Bekas, Dibanderol Mulai Rp 218 Jutaan

Kategori :