Nebulizer untuk Anak, Ini Manfaat dan Cara Penggunaannya

Selasa 07-11-2023,13:54 WIB
Reporter : Asep
Editor : Rajman Azhar

4. Mempersiapkan Obat

Siapkan obat cair yang akan digunakan. Letakkan obat ke dalam wadah pada nebulizer dan pastikan dosisnya sudah sesuai dengan resep dokter. Kemudian sambungkan selang yang terhubung dengan kompresor udara ke wadah obat.

5. Pasangkan Masker pada Anak

Pastikan anak duduk dalam posisi yang nyaman. Jika perlu, pangku anak sambil memasangkan masker di wajahnya dan letakkan tali pengait di belakang telinganya. Apabila anak merasa kurang nyaman dengan tali pengait yang dirasa terlalu kencang, orang tua bisa memegangi masker untuk menutupi area hidung dan mulut secara menyeluruh.

6. Menyalakan Mesin Kompresor

Setelah masker terpasang dengan tepat, saatnya menyalakan mesin kompresor. Di sini, kompresor udara akan memproduksi uap di dalam alat nebulizer dengan baik agar obat bisa ditransfer langsung ke dalam saluran pernapasan anak melalui masker. Apabila uap keluar dari mesin kompresor, segera matikan mesin dan periksa kembali apakah ada bagian dari mesin yang rusak dan perlu diperbaiki.

BACA JUGA:Ini Dia Rekomendasi Makanan Bagi Penderita Wasir, Harus Konsumsi Serat!

7. Membersihkan Alat Nebulizer dan Mesin Kompresor 

Jaga kebersihan alat nebulizer agar tidak menjadi tempat tumbuhnya bakteri dan jamur. Segera bersihkan mesin kompresor udara, tabung, dan wadah obat setelah pemakaian. Cukup rendam tabung dan wadah obat di air hangat selama kurang lebih 5 menit, lalu keringkan di tempat yang bersih. Kemudian, simpan alat dan mesinnya hingga dibutuhkan kembali.

8. Membilas Wajah Anak Setelah Selesai

Setelah pengobatan selesai, bilas wajah anak dengan air bersih. Pastikan area di sekitar hidung dan mulut bersih dari sisa-sisa uap yang mungkin masih menempel di kulit wajah. Gunakan sabun wajah yang aman untuk membersihkan wajah anak bila perlu.

Secara keseluruhan, proses pengobatan nebulizer membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Pengobatan dianggap selesai jika sudah tidak ada lagi uap yang nampak keluar dari alat nebulizer.

Sekian pembahasan seputar peran penting nebulizer untuk anak yang dapat membantu mengatasi gangguan pernapasan dengan efektif. (*)

Kategori :