Tips Mengobati Batuk Berdahak dengan Mudah dan Efektif

Selasa 31-10-2023,13:31 WIB
Reporter : Asep
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Batuk berdahak merupakan kondisi yang terjadi ketika tubuh memproduksi lendir atau dahak dalam jumlah banyak pada saluran pernapasan. 

Kondisi ini kerap menyebabkan tenggorokan terasa gatal yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk mengatasinya, terdapat beberapa cara menghilangkan batuk berdahak yang bisa dilakukan dengan mudah, seperti minum air putih hangat, berkumur dengan air garam, hingga mandi menggunakan air hangat.

Cara Menghilangkan Batuk Berdahak yang Mudah Dilakukan

Batuk berdahak adalah gangguan kesehatan yang umum terjadi dan ditandai dengan batuk disertai lendir kental. Batuk berdahak disebabkan oleh virus atau bakteri yang menginfeksi saluran pernapasan.

BACA JUGA:Bayi Menderita Batuk? Begini Cara Aman dan Efektif Mengatasinya

Meski umum terjadi, kondisi ini dapat menyebabkan tenggorokan terasa gatal sehingga perlu ditangani dengan tepat. Bila masih tergolong ringan, ada beberapa cara mengobati batuk berdahak yang bisa Anda coba lakukan di rumah, diantaranya :

1. Minum Air Putih Hangat

Cara meredakan batuk berdahak yang pertama adalah dengan memperbanyak minum air putih hangat. Minum air putih hangat diketahui mampu mengencerkan dahak yang menempel di belakang tenggorokan sehingga menjadi lebih mudah dikeluarkan. Konsumsi air putih hangat juga dapat mengurangi refleks batuk yang mengganggu di tenggorokan.

Selain itu, cara menghilangkan batuk berdahak satu ini juga mampu membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh yang turut meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan begitu, proses pemulihan tubuh dari infeksi bakteri atau virus penyebab batuk berdahak bisa berjalan dengan optimal.

BACA JUGA:Kenali Sejak Dini, Begini Cara Mudah Mengenali 13 Ciri-Ciri Kanker Payudara

2. Berkumur Dengan Air Garam

Cara menghilangkan batuk berdahak berikutnya yaitu dengan berkumur menggunakan air garam. Berkumur menggunakan air garam diketahui mampu mengencerkan gumpalan dahak di belakang tenggorokan dengan efektif.

Selain itu, berkumur dengan air garam juga dapat membantu membersihkan bakteri yang ada di dalam mulut dan tenggorokan sehingga turut mempercepat proses pemulihan batuk berdahak.

Untuk melakukan cara menghilangkan batuk berdahak ini, Anda bisa mencampurkan ½ sendok teh garam beryodium ke dalam segelas air hangat. Lalu, berkumurlah menggunakan larutan garam tersebut selama beberapa menit tanpa menelannya. Lakukan cara ini secara rutin sebanyak 3–4 kali dalam sehari hingga batuk berdahak mereda.

3. Mengonsumsi Madu

Kategori :