Pemula Perlu Tahu, Inilah Jenis Komponen Audio Mobil

Minggu 22-10-2023,11:53 WIB
Reporter : Asep
Editor : Rajman Azhar

Apabila kita perhatikan dalam sebuah lagu misalnya, terdapat berbagai macam jenis suara yang berbeda frekuensi namun dapat bersatu menimbulkan sebuah harmoni yang indah. Demikian juga untuk mengoptimalkan suara yang dihasilkan, terdapat berbagai tipe speaker pada audio mobil sesuai dengan frekuensi suara yang dikeluarkan :

- Tweeter: fokus pada pengolahan suara frekuensi tinggi (3500 Hz-20 Khz)

- Midrange: memperjelas suara vokal manusia agar terdengar lebih halus dan fokus (frekuensi 350-4500 Hz)

- Midbass: fokus pada pengolahan suara frekuensi rendah (80-350 Hz)

- Subwoofer: fokus menghasilkan suara bass dengan frekuensi rendah (<100 Hz)

Pasaran audio mobil biasanya menjual beragam jenis speaker ini dalam sistem alat terpisah (tipe split) atau yang telah dijadikan satu alat speaker saja (tipe coaxial), tentunya dengan keunggulan masing-masing. 

BACA JUGA:Mengenal Apa Itu Fuel Injection, Cara Kerja dan Kelebihannya

Apabila Anda memilih sistem tipe split, suara yang dihasilkan akan terdengar lebih jernih dan fokus pada setiap frekuensi karena masing-masing jenis speaker memiliki driver sendiri yang dihubungkan dengan jaringan crossover. 

Hal ini akan membuat telinga Anda dimanjakan dengan suara yang begitu jernih dan lembut serta memuaskan pada setiap detail nada.

Sedangkan pada tipe coaxial, perbedaan suara antar frekuensi tidak bisa terlalu menonjol dan sulit dibedakan. Namun keuntungannya adalah alat yang dipakai begitu praktis dalam pemasangan. Tentunya juga dari segi harga lebih terjangkau karena hanya membutuhkan satu macam speaker saja.

Demikianlah penjelasan mengenai alat-alat komponen dasar audio mobil yang perlu Anda ketahui saat akan melakukan modifikasi. 

Selain menyesuaikan budget, Anda juga perlu mengecek kesesuaian spesifikasi alat dengan kondisi mobil seperti daya aki atau arus listrik yang dipakai. (*)

Kategori :