Dinkes Disuntik Rp 1,7 Milyar

Sabtu 23-03-2013,15:45 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

  BENTENG, BE -  Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI,  kembali  menggucurkan dana ke Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng). Kali ini, giliran Dinas Kesehatan yang mendapatkan suntikan dana, nilainya mencapai Rp 1,7 miliar. Dana ini merupakan anggaran Biaya Operasional Kesehatan (BOK) untuk 20 puskesmas, juga buat Posyandu, Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), dan Pos Kesdes.

Kepala Dinas Kesehatan Benteng, I Putu Sura Artika mengatakan, BOK diberikan untuk meringankan biaya Puskesmas dan jaringannya. Terutama yang berhubungan dengan pembiayaan operasional kesehatan masyarakat.

“Kita berharap Puskesmas dan jaringannya dapat mempersiapkan diri, mampu mengelola dana BOK sesuai aturan berlaku dan secara tepat,” harapnya.

Ditambahkannya, realiasi BOK itu juga bertujuan melaksanakan pelayanan kesehatan promotif dan preventif sesuai Standar Pelayanan Minimal (SPM), untuk menuju Millenium Development Goals (MDGs) 2015 khususnya di Benteng.

“Biaya kesehatan yang bersifat promotif dan preventif bagi masyarakat. Agar proses lokakarya mini di Puskesmas terlaksana,” tambahnya.

Diterangkannya, upaya kesehatan wajib dapat dibiayai dari BOK mencakup, kesehatan Ibu dan Anak (KIA), Keluarga Berencana (KB), imunisasi, gizi promosi kesehatan, pengendalian penyakit penyehatan lingkungan warga. “Banyak bentuk kesehatan yang diakomodir dengan mengunakan dana BOK itu,\'\' terangnya. (111)

Tags :
Kategori :

Terkait