Mengenal Apa Itu Fuel Injection, Cara Kerja dan Kelebihannya

Jumat 20-10-2023,15:04 WIB
Reporter : Asep
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Fuel injection kadang masih jadi istilah asing di kalangan pecinta otomotif. Fuel injection yang sering di singkat EFI (Electronic Fuel Injection) bekerja untuk memastikan kebutuhan bahan bakar mobil tercukupi. 

Namun sekedar informasi, istilah EFI banyak digunakan pada mobil Toyota. Beda mobil, bisa beda pula istilah dan penyebutannya. Agar bisa mengenal komponen fuel injection lebih jauh, berikut kami rangkum informasi lengkapnya.

Apa Itu Fuel Injection

Fuel injection merupakan sistem penyemprotan bahan bakar yang bekerja secara elektronik. Fuel injection bertugas untuk memastikan proses pengolahan bahan bakar berjalan sempurna. 

BACA JUGA:Mobil Injeksi Tidak Bisa Hidup? Mungkin Ini Masalahnya

BACA JUGA:Pompa Bensin Mobil Injeksi Bermasalah, Begini Cara Mengatasinya

Campuran udara dan bahan bakar mobil tentu harus selalu dalam takaran yang tepat. Jika salah, maka risiko mobil rusak atau loyo mungkin saja akan terjadi. 

Bagi kendaraan yang masih menggunakan sistem bahan bakar konvensional, maka proses pengolahan bahan bakar tidak menggunakan fuel injection. 

Fuel injection menyuplai bahan bakar dari tangki ke ruang bakar secara elektronik. Adapun dalam mekanisme kerjanya, fuel injection dibantu oleh ECU, yaitu Electronic Control Unit. ECU merupakan sistem mesin yang bertugas untuk mengatur atau mengontrol semua komponen mesin bahan bakar.

Cara Kerja Fuel Injection

Setelah kita tahu apa itu fuel injection dan peranannya, lalu seperti apa cara kerjanya? Berikut yang perlu diketahui :

BACA JUGA:Bisa Lakukan Sendiri, Begini Cara Cek Koil Mobil Injeksi

BACA JUGA:Lampu Indikator Injeksi Mobil Menyala Terus, Coba Cek Komponen Ini

1. Fuel injection melakukan analisa atau pengamatan kondisi mesin ruang bakar mobil.

2. Fuel injection kemudian mengirim sinyal ke ECU  yang bertugas untuk mengontrol setiap aktivitas komponen ruang bakar mobil.

Kategori :