Bisa Lakukan Sendiri, Begini Cara Cek Koil Mobil Injeksi

Jumat 20-10-2023,11:17 WIB
Reporter : Asep
Editor : Rajman Azhar

Dalam melakukan pengecekan terhadap ignition coil, ada beberapa tahap yang perlu Anda ikuti :

1. Siapkan Peralatan

Pertama yaitu siapkan peralatan untuk melakukan pengecekan koil busi, seperti kunci socket, kunci inggris, kunci pas, serta busi khusus mobil injeksi. Selain peralatan, bawa juga satu orang untuk membantu Anda dalam melakukan pengecekan koil busi mobil.

2. Lepaskan Kabel Injektor

Buka kap mesin mobil dan lepaskan seluruh kabel injektor yang ada. Ini berguna dalam mencegah semburan bahan bakar mobil, yang bisa terjadi ketika cara cek koil mobil injeksi dilakukan. Kemudian lepaskan koil busi tanpa kabelnya, dan pasang busi khusus yang telah Anda siapkan lalu hidupkan mobil.

3. Coba Hidupkan Kembali

Apabila setelah dihidupkan ujung busi mengeluarkan percikan api, maka koil masih dalam kondisi normal dan sebaliknya. Jika percikan api tidak timbul, maka koil mobil Anda perlu untuk dilakukan penggantian. 

4. Ganti Bila Tidak Menyala

Bila tidak menyala, maka Anda harus menggantinya dengan yang baru karena memang rusak atau sudah berumur. Mengingat bahwa koil busi menjadi komponen yang penting dalam sumber tenaga untuk menghidupkan kendaraan, jadi jangan sampai diremehkan. (*)

Kategori :