Jangan Sembarangan, Ini Cara Mengerem Motor Matic yang Benar

Jumat 13-10-2023,12:07 WIB
Reporter : Asep
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Motor matic atau biasa juga disebut skutik adalah pilihan kendaraan, yang banyak digunakan orang karena lebih mudah untuk dikendarai. Untuk itu, teknik mengerem motor matic adalah salah satu teknik berkendara yang harus dikuasai oleh setiap pengemudi.

Hal ini karena masih banyak pengemudi motor matic yang belum mengetahui bagaimana cara mengerem kendaraan dengan benar dan aman. Pasalnya, pengereman yang salah bisa berdampak pada kondisi motor dan meningkatkan risiko kecelakaan saat berkendara.

BACA JUGA:Biasa Mematikan Motor dengan Standar Samping, Ini Risikonya

Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Mengerem Motor Matic

Sebenarnya, proses mengerem motor adalah hal yang mudah, sebab pengemudi hanya perlu menarik tuas rem saja. Rem di motor matic terdiri atas dua jenis, yaitu rem depan dan rem belakang.

Namun, ada beberapa kesalahan yang kerap terjadi ketika pengemudi mengerem motor, di antaranya sebagai berikut :

1. Menekan Rem secara Mendadak

Menekan rem secara mendadak atau tiba-tiba dapat membuat roda terkunci dan membuat motor matic menjadi tidak stabil. Menekan rem secara mendadak juga dapat membuat rem cepat aus dan meningkatkan potensi terjadi kecelakaan.

BACA JUGA:Pengapian Motor Tidak Menyala? Coba Lakukan Ini

2. Hanya Memakai Satu Rem

Salah satu kesalahan yang sering terjadi saat mengerem motor matic adalah hanya menggunakan satu rem saja, baik rem depan maupun rem belakang. Hal ini dapat membuat laju motor sulit dikendalikan dan membuat rem menjadi cepat aus.

3. Menghindari Penggunaan Rem Depan

Beberapa pengendara motor matic menghindari penggunaan rem depan karena takut roda depan akan terkunci dan membuat motor menjadi tidak stabil. Padahal, rem depan dapat memberikan pengaruh lebih besar dalam memperlambat laju motor.

BACA JUGA:Lindungi Motor dari Curanmor, Coba Lakukan Tips Ini

4. Mengabaikan Kondisi Rem

Kategori :