Mau Cuan Terus? Begini Cara Usaha Ternak Ulat Jerman yang Menguntungkan

Minggu 03-09-2023,21:34 WIB
Reporter : Jamal Maarif
Editor : Jamal Maarif

Siapkan Media Kumbang dan Ulat Jerman

Media dalam usaha ternak ulat jerman yang utama yaitu campuran polar gandum dan dedak. Polar gandum kaya akan protein dan mampu menghambat hama yang mengganggu. Menggunakan polar gandum atau dedak saja sebenarnya juga cukup, namun lebih baik jika mencampurnya.

Pilih Bibit Ulat Jerman Terbaik

Berikutnya pilih bibit ulat jerman yaitu kumbang jerman yang berkualitas. Masukkan kumbang ke dalam kotak dan beri makan polar serta buah-buahan setiap 2 hari sekali hingga kumbang bertelur. Sebelumnya pastikan memasang wadah untuk bertelur kumbang di dasar kotaknya.

BACA JUGA:Cara Renovasi Rumah Minimalis Modern Jadi Bernuansa Alami, Bisa Ditiru

Pisahkan Telur dan Tetaskan

Setelah kumbang bertelur maka pindahkan ke wadah lain dan tunggulah hingga telur menetas. Jika sudah menetas, berikan ulat jerman makanan berupa polar atau buah yang dipotong kecil. Setelah 1 dan 2 bulan pisahkan ulat jerman menjadi dua kotak menggunakan saringan.

Langkah Usaha Ternak Ulat Jerman, Pembesaran

Dalam pembesaran ulat jerman hal yang paling penting untuk Anda perhatikan yaitu pakannya. Anda bisa memberi ulat pakan ampas tahu kering, polar, dan buah-buahan untuk minum. Frekuensi pemberian pakan yaitu 2 hari sekali dengan takaran sesuai dengan jumlah ulat dalam kotak.

BACA JUGA:Ingin Malaikat Ikut Mendoakan Hajat Kita, Syekh Ali Jaber Sebut Ajak Lakukan Amalan Mudah ini

Pemanenan

Langkah terakhir yaitu pemanenan ulat jerman bisa Anda lakukan ketika usianya sudah 3 bulan. Anda bisa menjual ulat jerman ke pabrik atau toko yang membutuhkan ulat jerman. Selain itu, Anda juga bisa menjualnya secara langsung kepada masyarakat yang membutuhkannya.

Itulah langkah-langkah usaha ternak ulat jerman mulai dari persiapan hingga pemanenan. Cara tersebut tentunya terlihat cukup mudah dan simpel bukan? Akan tetapi dalam menjalankannya Anda harus cermat dan berhati-hati agar ulat tidak mati dan bisa tumbuh dengan baik.(**)

 

Kategori :