Harapan Baru Timnas

Rabu 20-03-2013,13:30 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

JAKARTA, BE - Tim Pelatih Timnas Indonesia akhirnya mengumumkan 28 nama yang masuk ke dalam skuad utama Timnas Indonesia. Daftar ini masih bersifat sementara, karena dari jumlah itu hanya 23 pemain yang akan didaftarkan saat Indonesia menghadapi Arab Saudi di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), 23 Maret mendatang.

Dari 28 nama tersebut, sebanyak 23 pemain merupakan pemain dari kompetisi Indonesia Super League (ISL). Ke- 23 pemain itu adalah Kurnia Meiga Hermansyah, I Made Wirawan, Syamsidar, Hamka Hamzah, M Roby, Victor Igbonefo, Abdurahman, Zulkfli Syukur, Ricardo Salampessy, Supardi, Ruben Sanadi.

Selanjutnya Tony Sucipto, Imannuel Wanggai, Ponaryo Astaman, Ahmad Bustomi, Raphael Maitimo, M Ridwan, Greg Nwokolo, Boaz Solossa, Firman Utina, Ferinando Pahabol, Ian Luis Kabes dan pemain baru Persib Bandung, Sergio van Dijk.

Sementara itu, dari kompetisi Indonesian Premier League (IPL) menyertakan tiga nama yakni Titus Bonai, Taufiq dan Andik Vermansyah. Sementara dua nama lain adalah Irfan Bachdim yang berkompetisi di Thailand serta Raphael Maitimo.

Pelatih Timnas Rahmad Darmawan, mengatakan bahwa awalnya hanya akan mencari empat pemain tambahan saja. Namun, akhirnya digenapkan menjadi 28 orang.

\"Penambahan dilakukan karena menunggu proses administrasi. Ada juga pemain yang ingin kita lihat lagi kebugaran fisiknya, dan ada pula yang masih ingin kita lihat potensinya,\" kata RD -sebutan tenar Rahmat- saat membacakan 28 pemain yang masuk skuat utama di Hotel Sultan Jakarta, Selasa (19/3).

Namun dari ke semua pemain yang masuk, dua pemain yang paling dinanti aksinya, Diego Michiels dan Stefano Lilipaly tak bisa diboyong membela Timnas melawan Arab Saudi.

Nama dua pemain itu padahal memiliki penampilan yang bagus saat latihan. Bahkan pada latihan terakhir, Lilipaly sempat mencetak gol melalui tendangan bebasnya. Namun penyeleksian pemain ini, menurut Rahmad Darmawan yang merupakan pelatih sementara Timnas, telah mengambil berbagai macam pertimbangan.

\"Dari hasil pemantauan yang kami lakukan. Kami tahu Diego pemain pintar, namun melawan Arab Saudi itu akan berlangsung 90 menit, di situ kami membutuhkan pemain yang memiliki fisik prima. Sedangkan Diego, dia telah tiga bulan tidak berlatih dan kini hanya dua minggu dia baru latihan,\" ucap RD, saat menggelar press confrence di hotel Sultan, Selasa (19/3).

\"Sementara Lilipaly tidak bisa memasukkannya karena alasan administrasi dalam tahap proses Naturalisasinya. Padahal kami sangat membutuhkan jasanya,\" sambung RD.

Terkait Lilipaly, Wakil Ketua Umum BTN, Harbiansyah Hanafiah, coba menjelaskan alasan tentang tidak masuknya pemain Almere City itu ke dalam skuad Timnas. Padahal Sergio van Dijk yang baru saja lulus prosesnya, justru bisa masuk ke dalam skuad Garuda. \"Administrasi Lilipaly masih kurang lengkap menurut AFC. Sementara Sergio van Dijk, administrasinya lebih rapi dalam melakukan proses naturalisasinya,\" ucap Harbiansyah Hanafiah.

Tidak lengkapnya proses naturalisasi Lilipaly dikarenakan tidak adanya administrasi yang mendukung seperti KTP dari keluarganya, yang menyatakan bahwa dirinya merupakan keturunan warga Indonesia. Sementara Van Dijk, dia mempunyai berkas yang menyatakan kalau dirinya memang keturunan warga Indonesia.(**) 28 Nama Skuad Timnas Kurnia Mega I Made Wirawan Samsidar Hamka Hamzah M Roby Victor Igbonefo Abdur Rahman Zulkifli Syukur Ricardo Salampessy Supardi Ruben Sanadi Toni Sucipto Ponaryo Astaman Ahmad Bustomi Imanual Wanggai Raphael Maitimo M Taufik M Ridwan Andik Vermansyah Greg Nwokolo Boaz Salossa Firman Utina Ferinando Pahabol Irfan Bachdim Zulham Zamrun Ian Louis Kabes Sergio van Dijk Titus Bonai

Tags :
Kategori :

Terkait