Wajib Diketahui Tips Merawat HP Agar Awet dan Nyaman Dipakai Hingga Tahunan

Jumat 18-08-2023,15:00 WIB
Reporter : Dian Panca
Editor : Rajman Azhar

Bersihkan Cache

Cache atau file temporer yang dihasilkan browser atau aplikasi HP kamu sebenarnya berfungsi untuk mengingat perintah yang kamu lakukan di HP kamu agar tidak perlu membuat aktivitas baru lagi saat kamu menjalani beberapa perintah yang sudah dilakukan sebelumnya. Namun, tahukah kamu terkadang cache menyimpan cukup banyak memori?

BACA JUGA:Kenali Ciri-ciri WhatsApp Disadap, Bisa Kuras Isi Rekening

Nah cara merawat HP agar awet bisa dilakukan dengan menghapus atau membersihkan cache yang ada di browser atau aplikasi yang kamu pakai. Biasanya, cara ini terletak pada Manajemen Aplikasi di Pengaturan HP kamu. Akses beberapa aplikasi dimana cache-nya menyimpan banyak memori dan bersihkan. Cara ini bisa membuat HP kamu tidak lemot dan meminimalisir terjadinya crash saat menjalani aplikasi.

Jauhi HP dari Magnet

Kadang kita suka nggak sadar menaruh HP di dekat TV, radio atau alat lainnya yang memiliki magnet. Nyatanya, medan magnet, air hangat dan juga logam bisa merusak speaker kamu lho. Tentu speaker adalah bagian penting dari HP yang harus dirawat juga.

Selain itu, untuk memperpanjang umur speaker, kamu bisa melakukannya dengan memakai volume maksimal 90% di speaker agar tidak mudah rusak. Cara merawat HP satu ini cukup sederhana untuk dilakukan.

Gunakan Screen Protector dan Casing

Kalau di atas kita bahas cara merawat HP dari dalam, sekaran penting juga bagi kita untuk menjaga bagian luar atau bodi HP itu sendiri. Ya kalau yang satu ini sepertinya Jagoan udah paling paham. Pentingnya screen protector agar layar HP kamu terlindungi dari goresan serta casing supaya bodi HP kamu minim baret wajib kamu lakukan.

Kita nggak pernah tau, kadang ada aja kecerobohan yang kita perbuat sehingga HP kita terjatuh atau tergores benda tajam. Lagipula screen protector dan casing membantu HP kamu tetap kinclong dan mulus.

Jangan Paksa HP untuk Multi-tasking

Sebenarnya hampir semua HP bisa melakukan ini. Namun jika kamu terlalu banyak membuka aplikasi di belakang layar dan tidak ditutup dengan benar akan menyebabkan kerja HP melambat.

Cara merawat HP satu ini cukup gampang, kok. Biasanya kamu bisa tekan tombol home di HP kamu dan lihat aplikasi apa saja yang belum tertutup sempurna. Setelah itu, eliminasi beberapa aplikasi yang sudah tidak dibuka agar kinerja HP kamu tidak lambat.

Itulah bebeapa cara atau tips merawat HP yang terbilang mudah dan nggak perlu banyak tenaga. Sebagai barang yang penting untuk menunjang kebutuhan sehari-hari, HP memang sudah layaknya dilindungi agar dapat bertahan lama dan tetap bagus. (**)

Kategori :