Biar Gak Boros! Ini Dia Tips Menghindari Impulsive Buying

Minggu 13-08-2023,19:03 WIB
Reporter : Jamal Maarif
Editor : Jamal Maarif

BENGKULUEKSPRESS.COM - Siapa nih yang hobi belanja di tanggal cantik? Istilah tanggal cantik tentu sudah tidak asing lagi terutama bagi kaum muda yang hobi berbelanja. Banyak orang yang memilih berbelanja di tanggal cantik karena tergiur banyak promo.

Bahkan, tak jarang ditemui orang-orang yang lebih memilih berbelanja di tanggal cantik karena lebih banyak diskon yang tentunya lebih hemat.

BACA JUGA:Kode Transfer BNI Ke OVO, Begini Cara Mudah Top Up OVO Lewat BNI Mobile dan ATM BNI

Apalagi saat ini bukan hanya marketplace saja yang kerap menyediakan promo di tanggal cantik. Banyak offline store yang juga tak mau kalah menawarkan diskon maupun cashback dengan jumlah yang menggiurkan.

Ternyata belanja di tanggal cantik juga bisa menyebabkan impulsive buying, lho. Berikut beberapa tips menghindari impulsive buying saat tanggal cantik.

1. Buat List Barang yang Akan di Beli

Membuat list barang belanjaan sebelum membeli bisa menjadi salah satu cara menghindari impulsive buying, lho. Kamu bisa menyiapkan barang apa saja yang kamu butuhkan sebelum memutuskan untuk membeli. Dengan begitu, kamu bisa menghindari membeli barang-barang yang memang tidak diperlukan.

BACA JUGA:Hukum Iuran 17 Agustusan dalam Islam, Halal atau Justru Haram? Berikut Penjelasan Buya Yahya

Meskipun promo yang ditawarkan saat tanggal cantik tidak main-main, membeli barang yang tidak benar-benar perlu hany membuat kamu boros.

2. Membeli Sesuai Kebutuhan

Membedakan mana yang benar-benar kamu butuhkan dengan yang kamu inginkan dapat membuat kamu terhindar dari impulsive buying. Membeli barang yang hanya diinginkan terkadang menimbulkan penyesalan setelah mendapatkan barang tersebut. Pastikan kamu terhindar dari itu. 

BACA JUGA:Kamu Dibenci Sebab Apa? Bisa Jadi Kamu Punyai Aura Bagus

3. Tetapkan Budget

Kamu bisa menetapkan batas maksimal uang belanja terlebih dahulu agar terhindar dari impulsive buying. Dengan begitu, kamu akan mempertimbangkan jumlah dan harga barang yang nantinya akan kamu beli. Ini juga akan membantu kamu mengatur keuangan yang tentunya menjadi lebih hemat. 

4. Hindari Pakai Paylater

Kategori :