Ini 15 Tips Memilih Model Desain Rumah Minimalis

Senin 03-07-2023,12:00 WIB
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Model desain rumah minimalis kini sudah sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Namun memang masih banyak belum memahami secara komprehensif mengenai seluruh jenis, bentuk, dan model desain rumah minimalis.

Sebab itu, mengutip dari laman ranahsolusi, artikel ini dibuat secara lengkap dan terstruktur sehingga akan memudahkan dalam memahami materi pembahasan. 

Dengan memahami 15 tips berikut ini, anda akan mendapatkan pondasi yang kuat dalam menentukan atau memilih model desain terbaik untuk rumah minimalis.

Berikut 15 tipsnya:

1. Pahami Terlebih Dahulu Karakteristik Rumah Minimalis

Jika sobat paham mengenai karakteristik rumah minimalis, seperti desain, model, bentuk, dan tipe-tipenya, maka semakin mampu sobat menentukan pilihan yang tepat. Pengetahuan ini bisa menjadi basic untuk mengambil keputusan yang tepat. Lalu, apa saja karakteristik rumah minimalis? Singkatnya, desain rumah minimalis lebih mengedepankan konsep simplicity dan elegance.

BACA JUGA:Ini Dia Tips Merenovasi Rumah Minimalis dengan Low Budget!

BACA JUGA:Malu dengan Perut Buncit?? Lakukan Tips Ini

2. Cerdas dalam Pemilihan Tema Rumah Minimalis

Menentukan tema rumah dengan cerdas. Kenapa harus cerdas? Sebab, ini nanti akan berhubungan dengan elemen-elemen lain, seperti denah, dekorasi, furnitur, dan hiasan yang akan diaplikasikan nantinya.  Ada beberapa macam tema desain rumah minimalis yang bisa menjadi referensi sobat, seperti desain sederhana, style modern, klasik, ala Korea, dan lain-lain. Selengkapnya, bisa sobat lihat di Bab 2.

3. Cek Material dan Bahan Bangunan yang Digunakan

Meskipun rumah minimalis cenderung berukruan tidak luas, bukan berarti boleh sembarangan menggunakan material bangunan. Apalagi material untuk pondasi rumah. Mengingat kondisi lahan yang cukup terbatas, pondasi dan kerangka dasar rumah mesti memenuhi standar. Setidaknya, pondasi tersebut masih mampu bertahan ketika sobat ingin melakukan ekspansi, seperti membuat rumah minimalis 2 lantai.

4. Perhatikan Komposisi Ruangan

Umumnya, rumah dengan desain minimalis cenderung memiliki ukuran ruangan yang tidak besar. Artinya, sobat perlu memperhatikan komposisi ruangan tersebut. Sebagai contoh, bentuk ruangan yang relatif kecil akan terlihat sempit jika banyak dihiasi oleh sekat-sekat pembatas ruangan, seperti menggunakan tripleks. Nah, untuk mengakalinya, sobat bisa memakai kaca frameless yang bisa membuat ruangan sempit terlihat fleksibel, elegan, dan memberikan efek luas. Saya melakukan hal yang sama, bahkan dengan space yang relatif kecil, saya mampu menciptakan 3 kamar!

BACA JUGA:Ini Dia Tips Memasak Daging Kambing Agar Tidak Prengus

Kategori :