Perlu Tau, Marah Ternyata Bisa Memperpendek Umur!

Selasa 13-06-2023,13:37 WIB
Reporter : Jamal Maarif
Editor : Jamal Maarif

Anjuran Menahan Amarah

Saat marah, kita akan merasa jantung berdebar dan bernapas lebih cepat. Bila marah tingkat tinggi, akan terjadi ketegangan di bahu atau bahkan hingga mengepalkan tangan. Jika mengalaminya, Anda sebaiknya segera mengendalikan diri agar tidak berlanjut menjadi lebih besar. 

Menahan marah itu memang bukan pekerjaan mudah. Karenanya Nabi Saw menyebutkan berbagai anjuran untuk menahan marah. Di antaranya adalah beberapa hadis berikut:

مَنْ كَفَّ غَضَبَهُ كَفَّ اللهُ عَنْهُ عَذَابَهُ وَمَنِ اعْتَذَرَ اِلَى رَبِّهِ قَبِلَ اللهُ عُذْرَهُ وَمَنْ خَزَنَ لِسَانَهُ سَتَرَ اللهُ عَوْرَتَهُ

Artinya: “barang siapa menahan kemarahannya, niscaya Allah menahan siksa-Nya padanya. Barang siapa yang memohon ampun kepada Allah, niscaya Allah menerimanya. Dan barang siapa yang menjaga lidahnya, niscaya Allah akan menutupi aibnya”. (H.R. al-Thabrani dan al-Baihaqi).

مَا مِنْ جُرْعَةٍ أَعْظَمُ أَجْرًا عِنْدَ اللَّهِ، ‌مِنْ ‌جُرْعَةِ ‌غَيْظٍ كَظَمَهَا عَبْدٌ ابْتِغَاءَ وَجْهِ اللَّهِ

Artinya: “Tidaklah seorang hamba meneguk tegukan yang lebih besar pahalanya dari pada seteguk kemarahan yang ditahannya karena mengharapkan keridhaan Allah”. (H.R. Ibnu Majah).

لَيْسَ ‌الشَّدِيدُ ‌بِالصُّرَعَةِ إِنَّمَا الشَّدِيدُ الَّذِي يَمْلِكُ نَفْسَهُ عِنْدَ الْغَضَبِ

Artinya: “Bukanlah orang yang kuat itu adalah orang yang dapat membanting musuhnya. Sesungguhnya orang yang kuat itu adalah orang yang dapat menguasai hawa nafsunya ketika marah”. (H.R. Muslim).

BACA JUGA:Benarkah, Surga di Bawah Telapak Kaki Ibu?

Sejatinya, Allah telah memberikan manusia potensi untuk menahan marahnya, yakni dengan adanya akalnya. Dan karena Allah tidak akan membebani para hambanya terhadap apa yang tidak mereka mampu untuk melakukannya, maka pasti kita bisa mendahulukan akal kita dengan sehat. 

Namun pada akhirnya, kembali pada diri kita masing-masing apakah bisa memanfaatkan potensi tersebut dengan baik atau tidak. Semoga kita senantiasa dijaga oleh Allah dari hasutan setan yang memancing marah kita. Dan tentunya, didukung pula dengan ikhtiar dari diri kita masing-masing.(**)

 

Kategori :