Jalan Macet Total

Jumat 15-03-2013,15:22 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BENTENG, BE - Kemarin, jalan lintas di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) mengalami kemacetan total. Bahkan, iringan mobil Kapolda Bengkulu, Brigjen Pol Drs AJ Benny Mukalu, SH ikut terjebak dalam kemacetan sepanjang sekitar 10 Km tersebut. Penyebabnya, antrian BBM jenis solar oleh truk dan pembangunan perbaikan jalan provinsi di daerah itu. \"Macet ini sudah terjadi sejak jam 10.00 WIB, banyak sopir yang ingin saling mendahuli tanpa melihat kondisi jalan,\" ujar seorang sopir truk, Ridwan, di TKP kemarin.

Pantauan koran ini, kondisi macet itu terlihat mulai di Desa Kembang Seri Kecamatan Talang Empat hingga didekat SPBU Ujung Karang Kecamatan Karang Tinggi. Truk yang mengantri solar ini mengunakan badan jalan. Hal itu menyebabkan kendaraan dari arah berlawanan tidak dapat masuk. Ditambah lagi aktifitas perbaikan jalan provinsi yang sedang berlangsung semakin memacetkan jalan.

Kemacetan parah ini tak dapat teratasi. Sekalipun Petugas Pabung Lantas Benteng sebanyak 6 personil telah diterjunkan ke lapangan. Setelah melakukan pengalihan jalan dengan sistim buka- tutup, barulah kemacetan panjang mulai teratasi. \" Setelah kita lakukan akses buka tutup, kemacetan dapat teratasi,\" ucap seorang petugas lantas yang tengah mengatur kemacetan tersebut.

Sementara itu, warga disekitar, Ujang (40),  mengharapkan jika disetiap SPBU dan perbaikan jalan rusak itu, ada Polisi lalulintas (Polantas) yang mengatur arus lalulintas. Karena, jika yang mengatur lalulintas itu hanya mandor dari perusahaan perbaikan jalan dan SPBU pengendara sulit ditertibkan. \" Harusnya, di SPBU yang tengah antri dan perbaikan jalan ini, harus ada polantasnya, sehingga pengendara dapat tertib,\" katanya.

Ditambahkan, pemilik warung, Wawan (30), kejadian kemacetan ini sudah sering terjadi. Hanya saja, untuk yang paling parah kemacetan kemarin. Kondisi jalan padat kendaraan, namun tidak dijaga oleh polantas. Tak hanya  rawan kemacetan, tetapi juga kecelakaan lalulintas. Jika hal ini tidak diantisipasi secepatnya maka kejadian serupa kembali terulang. \" Kejadian kemacetan ini sudah sering terjadi. Akibatnya, sering terjadi keributan terhadap sesama pengendara kendaraan,\"pungkasnya. (111) 

Tags :
Kategori :

Terkait