Ingin Mendapat Syafaat Rasulullah di Hari Kiamat, Lakukan Ini

Jumat 05-05-2023,07:14 WIB
Reporter : Ari Apriko
Editor : Ari Apriko

BACA JUGA:Tanda-Tanda Kiamat yang Sudah Muncul, Ini Penjelasannya

3. Shalawat Kepada Nabi Muhammad SAW

Amalan ketiga yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan syafaat Rasulullah saat hari kiamat adalah dengan senantiasa bershalawat kepada Rasulullah. Beberapa hadist mengungkapkan bahwa shalawat kepada Rasulullah akan mendatangkan syafaatnya di hari akhir atau hari kiamat.

“Orang yang paling berhak mendapatkan syafaatku pada hari kiamat adalah, yang paling banyak shalawat kepadaku” (HR Tirmidzi).

“Barang siapa yang bershalawat kepadaku di pagi hari 10 kali dan di sore hari 10 kali, maka dia akan mendapatkan syafaatku pada hari kiamat,” (HR ath-Thabrani)

4. Rajin Berpuasa

Tak hanya bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW, rutin menunaikan ibadah puasa juga bisa menjadi jalan untuk mendapat syafaat Nabi Muhammad SAW. Puasa yang bisa mendatangkan syafaat Nabi Muhammad SAW tersebut bukan hanya puasa wajib saja namun juga puasa sunnah.

“Puasa dan al Qur`an akan memberi Syafaat kepada seorang hamba pada hari Kiamat kelak. Puasa akan berkata : “Wahai, Rabb-ku. Aku telah menahannya dari makan pada siang hari dan nafsu syahwat. Karenanya, perkenankan aku untuk memberi syafa’at kepadanya”. Sedangkan al Qur`an berkata : “Aku telah melarangnya dari tidur pada malam hari. Karenanya, perkenankan aku untuk memberi syafa’at kepadanya”. Maka keduanya pun memberi syafa’at,” (HR Ahmad)

BACA JUGA:Tanda Kiamat Juga Disampaikan NASA, Begini Faktanya

5. Membaca Al-Qur'an

Membaca Al-Qur'an bisa juga menjadi salah satu amal yang bisa mendatangkan syafaat Nabi Muhammad SAW di hari kiamat. Bukan hanya sekedar membacanya saja, namun harus disertai dengan mentadabburinya dan mengamalkan isinya. 

“Bacalah al Qur`an. Sesungguhnya al Qur`an akan datang pada hari Kiamat sebagai pemberi syafaat bagi sahabatnya…” (HR Muslim)

6. Memperbanyak Sujud

Amalan selanjutnya yang bisa mendatangkan syafaat Nabi Muhammad SAW adaah dengan memperbanyak sujud. Memperbanyak sujud yang dimaksud adalah dengan senantiasi menunaikan sholat wajib dan sholat sunah.

Tak hanya sujud dalam sholat wajib dan sunnah, ternyata sujud tilawah saat membaca ayat-ayat sajadah dalam Al Qur'an dan sujud syukur juga akan mendatangkan syafaat Nabi Muhammad SAW.

Dari Rabi’ah bin Ka’ab al Aslami, dia berkata: “Aku pernah bermalam bersama Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu aku mendatangi beliau sambil membawa air untuk wudhu’ beliau. Kemudian beliau berkata kepadaku,’Mintalah’. Aku berkata,’Aku minta untuk dapat menemanimu di surga,’ kemudian beliau berkata, ‘Atau selain itu?’ Aku berkata,’Itu saja’. Lalu beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Tolonglah aku atas dirimu dengan banyak bersujud” (HR Muslim)

Kategori :