Bukan Playstation 5, Tapi Game Konsol Ini Yang Paling Laku Keras

Kamis 04-05-2023,18:29 WIB
Reporter : Jamal Maarif
Editor : Jamal Maarif

BENGKULUEKSPRESS.COM - Perangkat game konsol generasi terbaru milik Sony, Playstation 5 bukanlah teratas dari segi penjualan, tapi seri jadulnya yang paling laku. Playstation 2 adalah yang paling teratas dalam penjualannya, jika mengutip dari Forbes, PS2 telah mengumpulkan penjualan sebanyak 155 juta unit yang terjual. 

Berbanding tipis dengan penjualan Nintendo DS yang laku terjual sebanyak 154 juta unit. Menariknya, Playstation 2 ini bisa dikatakan adalah perangkat lawas yang hadir di awal tahun 2000, namun penjualannya masih belum bisa tertandingi dengan perangkat manapun. 

BACA JUGA:Sony Akhiri Masa Jaya PlayStation Portable

Jika meneruskan dengan data yang diberikan dari Forbes, selain Playstation 2 dan Nintendo DS, ada nama dari perangkat lain seperti Game Boy, Nintendo Switch, Xbox, dan perangkat Playstation generasi lainnya.

  1. Playstation 2 (155 juta unit terjual) 
  2. Nintendo DS (154 juta unit terjual) 
  3. Game Boy (118,69 juta unit terjual) 
  4. Playstation 4 (117,2 juta unit terjual) 
  5. Nintendo Switch (114,33 juta unit 
  6. Playstation 1 (102,49 juta unit terjual) 
  7. Wii (101,63 juta unit terjual) 
  8. Playstation 3 (87,4 juta unit terjual)
  9. Xbox 360 (84 Juta unit terjual) 
  10. Game Boy Advance (81,51 juta unit terjual)

BACA JUGA:Hacker Serang Pengguna PlayStation 4 dan Xbox One

Dan menariknya lagi tidak ada nama perangkat dari Sony yang terbaru yaitu Playstation 5, padahal mengingat perangkat ini sudah hadir dari November 2020. Menurut Jim Ryan yang selaku Presiden dan CEO Sony Interactive Entertaiment menjelaskan, bahwa selama dua tahun terakhir ini Sony diterpa tantangan global yang cukup berat menjadikannya kekurangan chip dan komponen sehingga membuat PS5 sangat sulit ditemukan. 

Namun Ryan juga menjelaskan bahwa endemic yang melanda perusahaan tersebut sudah ditangani dan mengatakan bahwa untuk tahun ini dan kedepannya Playstation 5 akan dijual lebih banyak lagi dan tersedia secara lebih luas. Bukan hanya itu, perusahaan juga mengumumkan yang bertepatan pada event Consumer Electronics Show (CES) 2023 di Las Vegas, Amerika Serikat, mengatakan bahwa Playstation 5 kini sudah laku terjual sebanyak 30 juta unit. Dan diklaim tahun ini adalah tahun yang dapat mendongkrak penjualan, dan bisa mencapai setidaknya 10 teratas.

BACA JUGA:Ini Dia Aplikasi Super Finansial Paling Populer di Asia, Satu Berasal Dari Indonesia!

Sekitar 51 juta unit sekian, untuk Playstation 5 dapat masuk kedalam jajaran 10 besar perangkat game konsol dari segi penjualannya. Mengingat juga setidaknya Playstation 5 ini masih bisa menjadi perangkat terdepan setidaknya sampai tahun 2027. Karena beberapa bocoran terkait dengan perangkat generasi selanjutnya yang dirasa itu Playstation 6 akan hadir di tahun itu. (**)

 

Kategori :