10 Tanda Kiamat Menurut KH M Hasyim Asy’ari

Rabu 03-05-2023,22:10 WIB
Reporter : Ari Apriko
Editor : Ari Apriko

Saling berbangga dalam urusan masjid merupakan tanda kiamat sudah dekat yang disampaikan oleh KH M Hasyim Asy'ari. Hal tersebut juga berdasarkan Hadist Nabi Muhammad SAW.

“Hari kiamat tidak akan terjadi sampai manusia saling berbangga dalam urusan masjid.” (diriwayatkan oleh Ahmad dalam Musnad-nya dan Abu Daud dalam Sunan-nya dari Anas ra)

4. Terputusnya Tali Silaturahmi

Terpustusnya tali silaturahmi atau tali persaudaraan juga menjadi salah satu tanda dekatnya hari kiamat. Tak hanya terputusnya tali silaturahmi, menurut KH M Hasyim Asy'ari orang yang amanah dianggap khianat dan orang yang khianat dianggap amanah juga menjadi salah satu tandanya kiamat . Tanda ini sesuai dengan hadist yang diriwayatkan oleh ath Thabrani dari Anas bin Malik ra juga

5. Bertambah Besarnya Hilal

Tanda kiamat sudah dekat yang keempat menurut KH M Hasyim Asy'ari adalah bertambah besarnya hilal dan bisa dilihat sejak awal, yakni pada saat kemunculannya, sehingga dikatakan bahwa hilal itu untuk malam kedua. Tanda ini sesuai dengan hadist yang diriwayatkan oleh Ath-Thabrani dari Ibnu Mas’ud ra

6. Wafatnya Orang-Orang Saleh

Wafatnya orang saleh satu demi satu, menurut KH M Hasyim Asy'ari merupakan salah satu tanda dari dekatnya kiamat. Hal tersebut dikarenakan nanti diduga tinggallah orang-orang jelata laksana ampas gandum atau kurma.

"Sesungguhnya di antara sudah sangat dekatnya hari Kiamat adalah ada saat-saat di mana ilmu diangkat, kebodohan turun, dan banyaknya al-harj, dan al-harj itu adalah pembunuhan" (HR Bukhari dan Muslim).

BACA JUGA:Tanda Kiamat Juga Disampaikan NASA, Begini Faktanya

7. Tidak ada Orang Zuhud dan Wirai 

KH M Hasyim Asy'ari menyatakan tidak ada orang zuhut dan wirai menjadi tanda dekatnya kiamat sesuai dengan hadist Nabi Muhammad SAW yang artinya 

“Hari kiamat tidak akan terjadi sampai zuhud menjadi cerita dan wira’i menjadi sesuatu yang dibuat-buat”. (diriwayatkan oleh Abu Nu’aim dalam Hilyatul Auliyaa).

8. Anak menjadi pemicu kemarahan

Tanda kiamat sudah dekat selanjutnya adalah adalah anak menjadi pemicu kemarahan, hujan terasa panas, dan hari berlimpah ruah. Tanda ini sesuai dengan hadist yang diriwayatkan oleh Ath-Thabrani dari Ibnu Mas’ud ra.

9. Pemimpin yang Munafik dan Fasik

Kategori :