Penghargaan Selular Award merupakan apresiasi terhadap pelaku industri telekomunikasi (operator dan produsen ponsel) atas prestasi dan performasi mereka sepanjang tahun 2012 yang diselenggarakan oleh GSM Group. Seperti tahun sebelumnya, pada penyelenggaraan ke-10 ini GSM Group menggunakan dua metode penilaian untuk beberapa kategori penghargaan. Untuk kategori operator, digunakan metode polling via online dan SMS. Dari metode tersebut didapatkan responden sebanyak 6.547 dengan komposisi 72% dari online polling dan 28% dari SMS.
Head of Corporate Communications Group Telkomsel Adita Irawati menyatakan, “Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi masyarakat yang sekaligus juga menjadi feedback bagi kami dalam menyediakan produk dan layanan yang makin berkualitas bagi masyarakat. Penghargaan yang telah memasuki tahun kesepuluh ini tentu memiliki kompetensi tersendiri yang mampu menjadi barometer performansi para pelaku industri telekomunikasi di Indonesia”.
Telkomsel selalu berupaya mendengarkan keinginan dan kebutuhan pelanggan, sebagai upaya menghadirkan produk dan layanan terbaik yang mampu memberikan solusi komunikasi bagi masyarakat luas hingga pelosok Indonesia. Keterlibatan langsung masyarakat sebagai responden menjadikan penghargaan ini sebuah representasi kenyataan di lapangan, di tengah pasar industri telekomunikasi yang kian kompetitif, ditambah hadirnya substitusi provider atau OTT (Over the Top) dari sejumlah negara maju.
“Di tengah persaingan industri telekomunikasi yang semakin ketat, Telkomsel selalu berorientasi pada kepuasan pelanggan, yang sama artinya dengan membangun sebuah kepercayaan. Penghargaan ini menggambarkan tingginya kepercayaan masyarakat terhadap produk dan layanan Telkomsel. Kepercayaan tersebut harus kami jaga dengan selalu berupaya memberikan yang terbaik, sehingga ke depan Telkomsel tetap menjadi operator pilihan utama masyarakat,” tegas Adita.
Saat ini Telkomsel telah dipercaya melayani lebih dari 125 juta pelanggan. Tingginya angka pengguna ponsel yang mempercayakan layanannya kepada Telkomsel dikarenakan produk-produknya relatif dapat memenuhi 5 parameter kebutuhan pokok pelanggan, yakni: jaringan yang luas, kualitas jaringan yang handal, kelengkapan fasilitas produk dan inovasi, kenyamanan pelayanan purna jual, dan tarif yang terjangkau.
Guna menghadirkan kenyamanan berkomunikasi, Telkomsel telah menggelar lebih dari 54.000 BTS (Base Transceiver Station), termasuk di antaranya 15.000 Node B (BTS 3G). Jaringan Telkomsel yang tersebar luas juga didukung dengan ragam teknologi canggih, sehingga memungkinkan untuk implementasi beragam inovasi layanan nilai tambah bagi pelanggan.
Kesuksesan meraih lima penghargaan Selular Award ini melengkapi prestasi Telkomsel di trimester pertama tahun 2013. Sebelumnya, Telkomsel berhasil meraih penghargaan tingkat Asia sebagai The Best Telco for Indonesia dalam ajang CNET Asia Readers’ Choice Award 2013. Di kancah nasional, Telkomsel juga telah merengkuh 4 gelar Top Brand Award, Excellent Service Experience Award (ESEA), dan 2 gelar Indonesia Brand Champion Award. (rel)