Wajib Tau! Ini Dia Tips Mudah Belajar Mobil bagi Pemula

Jumat 14-04-2023,13:00 WIB
Reporter : Jamal Maarif
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS. COM -  Saat ini masih banyak orang merasa gugup saat belajar mengemudikan mobil. Kebanyakan merasa takut untuk menghadapi risiko yang mungkin terjadi, seperti terjadinya tabrakan di jalan ataupun kecelakaan.

Menyetir mobil bagi seorang pemula mungkin memberikan pengalaman yang menyenangkan ataupun mengerikan.

Bagi Anda yang masih belajar untuk mengemudikan mobil, maka perlu memperhatikan beberapa hal. Berikut ini tips penting untuk mengemudikan mobil yang perlu Anda ketahui.

1. Pahami Jenis Mobil Serta Plus Minusnya

Sebelum mengemudi mobil sendiri, maka perlu memahami jenis mobil yang akan digunakan. Umumnya mobil memiliki dua jenis transmisi, yakni mobil manual dan matic. Dari segi komponen dan pengendalian, mobil manual lebih rumit dibandingkan mobil matic. Anda membutuhkan fokus lebih banyak saat mengendarai mobil manual.

BACA JUGA:Sederet Motor Pabrikan Ternama yang Dianggap Produk Gagal di Indonesia, Berikut Daftarnya

BACA JUGA:Yamaha Aerox, Matic Sasaran Modifikator yang Hasilnya Selalu Keren

Hal ini karena pengaturan gigi, pedal rem, dan gasnya tidak otomatis. Namun, mobil matic sebenarnya juga memiliki beberapa kelemahan. Mulai dari jumlahnya yang masih jarang, biaya perawatan mahal, sering bermasalah saat tanjakan, juga boros bahan bakarnya.

2. Belajar dengan Mobil Manual Dulu

Tips lainnya yang perlu dilakukan yakni belajar menggunakan mobil manual terlebih dahulu. Dari segi desain, mobil matic tampak lebih menarik dan kekinian. Namun, mayoritas pengguna mobil matic biasanya akan kesulitan apabila mengemudikan mobil dengan transmisi manual. Sehingga sebagai pemula perlu belajar mobil menggunakan mobil manual.

3. Mencari Pengajar yang Profesional

Untuk belajar mengemudi mobil, sebaiknya Anda mencari pengajar yang profesional. Hal ini agar tidak merasa grogi dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan selama belajar. Biasanya pengajar mobil profesional sudah memahami mengenai cara mengajari pemula. Sehingga tidak merasa gugup dan dapat mengendarai mobilnya dengan luwes. Memilih pengajar profesional dan tenang dapat Anda temui di tempat kursus menyetir mobil.

BACA JUGA:Yamaha RX King 2023 Diproduksi Lagi, Mesin Lebih Besar Dilengkapi Fitur Canggih

BACA JUGA:Catat! Ini Dia Lokasi SPKLU Mobil Listrik yang Dibuka di Jalur Mudik Lebaran 2023 di Pulau Jawa

4. Atur Posisi yang Nyaman

Kategori :