Masih Memanaskan Mesin Mobilmu di Pagi Hari? Ini Salah Kaprahnya

Rabu 05-04-2023,14:00 WIB
Reporter : Jamal Maarif
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Memanaskan mesin mobil, terutama di pagi hari menjadi kebiasaan yang sering dilakukan oleh para pemilik mobil. Tapi, apakah hal itu memang bermanfaat?

Pada dasarnya, tujuan dari pemanasan mesin ini untuk memberikan waktu pada pelumas untuk melakukan sirkulasi di mesin. Jika tidak dilakukan, komponen mesin bisa rusak karena pelumasan mobil belum terjadi secara sempurna. 

Namun, ternyata kebiasaan ini sebenarnya sudah tidak perlu dilakukan lagi. Inilah fakta-fakta mengenai memanaskan mesin mobil.

Sebelum melakukan kebiasaan memanaskan mesin mobil, ketahui dulu jenis mesin yang ada pada mobil. Secara umum, ada 2 sistem pengabutan bahan bakar yaitu non-injeksi atau konvensional dan injeksi. 

BACA JUGA:Selain RX-King yang Melegenda, Berikut ini Motor 2 Tak Terbaik dan Terpopuler di Indonesia

BACA JUGA:Lagi Banyak Dicari, Harga Motor Yamaha F1ZR Melambung Tinggi: Sampai Ada yang Laku Terjual Rp 55 Juta

1.Non injeksi

Pengabutan bahan bakar mobil non-injeksi atau konvensional biasanya digunakan pada mobil keluaran lama. Pada sistem ini, biasanya terdapat karburator yang digunakan untuk mencampur udara dan bahan bakar pada mesin pembakaran dalam.

Pada dasarnya, agar mesin yang masih menggunakan karburator ini bisa dipanaskan agar pelumasan dan proses pembakaran bahan bakar berjalan dengan sempurna. 

Namun perlu diingat ya, jangan sampai memanaskannya terlalu lama, cukup  5 menit saja. Karena kalau terlalu lama memanaskan bisa menyebabkan mobil menjadi overheating. 

2. Injeksi

Sedangkan untuk mesin dengan sistem pengabutan bahan bakar injeksi sebenarnya tidak perlu memanaskan mesin karena sudah terdapat Electronic Control Unit  (ECU). Fungsi dari ECU sendiri adalah untuk mengatur pembakaran mesin. Dengan adanya ECU pada mesin, maka mesin tidak butuh suhu optimal kerja mesin yang biasanya dicapai dengan melakukan kebiasaan memanaskan mobil. Jika memang ingin melakukannya, bisa dilakukan selama 30 detik atau 1 menit saja. 

Lalu, apakah kebiasaan memanaskan mesin mobil ini perlu dilakukan? Jawabannya adalah bagi mobil dengan jenis mesin injeksi maka tidak perlu melakukannya terlalu lama. 

Dampak memanaskan mesin mobil terlalu lama

Kebiasaan memanaskan mobil terlalu lama juga sebenarnya bukan tanpa risiko. Jika dilakukan dalam waktu yang sangat lama, akan membuat konsumsi bahan bakar pada mobil menjadi semakin boros. 

Kategori :