Daftar Aktivitas Ngabuburit Berpahala yang Menyenangkan Selama Bulan Ramadhan!

Selasa 04-04-2023,15:11 WIB
Reporter : Jamal Maarif
Editor : Rajman Azhar

Manfaat ngabuburit yang satu ini selain bisa membuat hati lebih sehat, bisa juga membuat seorang muslim lebih dekat dengan Allah dan senantiasa mengingat-Nya. Jika ceramah yang disampaikan seputar hukum Fiqh atau lainnya, maka seorang muslim juga akan mendapatkan ilmu bermanfaat di dalamnya. 

Adapun berbagai manfaat lain yang bisa didapatkan dengan menuntut ilmu di majlis taklim dengan sungguh-sungguh sebagaimana yang telah dijelaskan dalam hadist adalah sebagai berikut:

  • Mendapatkan pahala 
  • Mendapatkan ketenangan hati dan jiwa
  • Mendapatkan ampunan dari Allah SWT
  • Mendapatkan naungan dari sayap para malaikat
  • Disamakan seperti taman surga
  • Dimintakan ampunan oleh seluruh yang ada di langit dan juga di bumi
  • Dimudahkan jalan menuju surga oleh Allah SWT
  • Disetarakan dengan berjihad di jalan Allah
  • Dilindungi dari azab Allah SWT

Mengikuti kajian majelis taklim bisa dilakukan dengan mudah selama bulan Ramadhan karena banyak masjid dan lembaga yang mengadakan hal seperti ini selama bulan puasa. Karena bisa mendapatkan berbagai keutamaan seperti di atas, dianjurkan untuk banyak-banyak menimba ilmu di majelis taklim.

3.Membaca Al-Qur’an

Dalam mengisi waktu luang menjelang berbuka puasa, membaca Al-Qur’an juga termasuk dalam aktivitas ngabuburit berpahala yang begitu dianjurkan. Pasalnya, bulan Ramadhan sendiri menjadi salah satu momen yang harus digunakan sebaik mungkin untuk beribadah.

Di dalamnya, segala amal ibadah yang dilakukan termasuk sholat sunnah hingga membaca Al-Quran memiliki nilai pahala yang akan dilipatgandakan oleh Allah pada bulan suci tersebut. Untuk itu, mungkin sudah tidak heran lagi jika terdapat banyak orang yang tadarus Al-Qur’an selama bulan Ramadhan. Dalam suatu riwayat hadist dijelaskan bahwasanya Nabi Muhammad SAW membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan lebih banyak daripada bulan-bulan lain. Berdasarkan kebiasaan beliau ini, para sahabat dan juga tabi’in pun mengikutinya.

Adapun berbagai keutamaan melakukan hal ini di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT
  • Setiap huruf yang dibaca bernilai satu kebaikan yang akan dilipatkan menjadi 10 kebaikan
  • Senantiasa menjadi penentram hati dan juga jiwa

4. Mendengar Kajian Islam

Para muslim juga bisa melakukan aktivitas ngabuburit berpahala dengan mendengarkan kajian Islam. Hal ini dikatakan sebagai salah satu menghabiskan waktu menjelang puasa yang bisa menghilangkan kebosanan sekaligus bermanfaat dan mendatangkan pahala.

Mendengarkan kajian sendiri tidak mengharuskan seseorang untuk datang ke majlis tersebut walau yang dianjurkan adalah seperti itu. Namun, jika memiliki kesibukan yang mengharuskan seseorang harus di rumah, maka aktivitas ini bisa dilakukan tanpa dengan menghadiri majlis tersebut.

Hal ini dimungkinkan dengan teknologi yang sudah canggih seperti sekarang, sehingga kajian-kajian Islam dan juga ceramah bisa didengar dan dilihat kapanpun serta dimanapun.  Ini bisa menjadi salah satu jalan keluar jika seseorang harus menyiapkan makanan berbuka sekaligus mendengarkan kajian Islam.

Dalam memaksimalkan bulan Ramadhan, maka berbagai aktivitas ngabuburit berpahala di atas sangat dianjurkan untuk dilaksanakan. Dengan begitu, para umat muslim bisa benar-benar melalui bulan Ramadhan dengan amal dan ibadah yang sungguh-sungguh.(**)

 

Kategori :