Bunga Bangkai Mekar di Pematang Gubernur

Rabu 15-02-2023,13:37 WIB
Reporter : Firman Triadiniata
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kibut atau bunga bangkai raksasa atau suweg raksasa dengan nama latin Amorphophallus titanum Becc ditemukan tumbuh subur dibelakang rumah warga di  Jalan Penantian, RT 26 RW 05, Kelurahan Pematang Gubernur. 

Bunga tersebut baru tumbuh dengan tinggi sekitar setengah meter dan mulai mendapatkan perhatian warga sekitar. 

Lurah Pematang Gubernur, M Tahir yang mengecek langsung keberadaan bunga tersebut mengatakan agar pemilik lahan untuk melindungi flora langka tersebut. 

Saat ini pun, warga pemilik lahan ditempat bunga itu tumbuh diminta memagari bunga tersebut agar tak cepat rusak saat ada warga yang ingin berfoto dengan bunga langka tersebut. 

BACA JUGA:Mahasiswa UMB Bayar Kuliah Lewat Bank Bengkulu

BACA JUGA:Apresiasi Insan Pers di Hari Pers Nasional, Astra Motor Bengkulu Berikan Service dan Ganti Oli Gratis

"Ya kita dapat laporan RT setempat kalau ada bunga langka yang tumbuh di belakang rumah warga. Seteah itu langsung kita datangi dan benar bunga itu tumbuh subur, tapi memang masih kecil, " jelas Tahir, Rabu (15/02/2023). 

Saat ini pun sudah banyak warga sekitar yang  penasaran datang untuk melihat langsung bunga langka tersebut dan tak lupa mengabadikan momen tersebut dengan berfoto. 

Kibut disebut juga bunga bangkai disebabkan bunganya yang mengeluarkan bau seperti bangkai yang membusuk, yang dimaksudkan sebenarnya untuk mengundang kumbang dan lalat untuk menyerbuki bunganya.

Bunga tersebut memang kerap tumbuh khususnya di wilayah Bengkulu yang memiliki iklim tropis dan kadang juga ditemui dieilayah lain di Indonesia. (Imn)

Kategori :