Didesak Jalan Tol Bengkulu Segera Beroperasi, BPJT Usulkan Peresmian ke Pemerintah Pusat

Senin 24-10-2022,17:10 WIB
Reporter : Nur Miessuary
Editor : Rajman Azhar

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM - Banyaknya desakan agar Ruas Tol Taba Penanjung-Bengkulu untuk segera dioperasikan, Branch Manager Ruas Tol Bengkulu, Medya Gustian mengatakan, Balai Pelaksana Jalan tol (BPJP) telah  mengusulkan untuk dilakukan peresmian ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumaah Rakyat (PUPR) RI.

Usulan tersebut agar ruas jalan tol sesi I Bengkulu-Taba Penanjung dapat segera dioperasikan, seperti desakan yang saat ini muncul.

“Kalau usulan itu, domainnya dari BPJT, kalau informasi yang saya dapat BPJT sudah mengajukan untuk peresmian itu,” ungkap Medya, Senin (24/10/2022).

Dirinya juga mengatakan, peresmian Tol Bengkulu sesi 1 Bengkulu-Taba Penanjung, akan langsung diresmikan oleh Persiden RI, Joko Widodo.

BACA JUGA:Naik Signifikan Dalam Satu Bulan, Pemprov Siapkan Langkah Menekan Inflasi

Tapi untuk jadwal peresmiannya sendiri, dirinya belum mendapatkan informasi, karena masih menungu jadwal dari Persiden RI. 

“Kita rencananya, nanti mau langsung diresmikan oleh RI 1, namun secara informasi, kami masih menunggu jadwal RI 1,” kata Medya.

Untuk itu, saat ini tol Bengkulu sesi 1 Bengkulu-Taba Penanjung itu belum dapat dimanfaatkan untuk umum. Selain itu untuk penetapan tarif tol Bengkulu-Lubuklinggau belum juga dilakukan penetapan oleh Pemerintah Pusat.

“Kalau dari kami, sebenarnya saya dapat info itu dan juga ketentuan biaya juga belum diatur,” ujar Medya. 

Ia pun berharap, agar dalam waktu dekat, Tol Bengkulu-Lubuklinggau sesi 1 segera di manfaatkan. 

“Saya maunya juga secepatnya. Karena ini sudah mau akhir tahun,” tutup Medya.

Untuk diketahui, Tol Trans Sumatera ruas Lubuklinggau – Curup – Bengkulu sepanjang 95 km terbagi dalam 3 Seksi. Seksi 1 Taba Penanjung – Bengkulu sepanjang 17,6 km, Seksi 2 Kepahiang – Taba Penanjung sepanjang 23,7 km dan Seksi 3 Lubuk Linggau – Kepahiang sepanjang 54,5 km.(Suary).

Kategori :