SLBN 4 Bengkulu Mengedepankan Hard Skill

Rabu 21-09-2022,19:56 WIB
Reporter : Zalmi Herawati
Editor : Zalmi Herawati

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM - Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) 4 Kota Bengkulu, sekolah yang mengedepankan hard skill (ilmu keterampilan). Mulai dari tingkat SD hingga SMA. Dengan pembelajaran rata-rata 60%  pembelajaran keterampilan dan 40% untuk pembelajaran akademik, dengan keterampilan yang diunggulkan yaitu keterampilan tata boga, souvenir, kerajinan tangan, membantik dan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Kepala SLBN 4 Kota Bengkulu Siwi Wiandari menjelaskan saat diwawancarai BE, Rabu (21/9), sekolahnya mengedapankan pembelajaran hard skill guna mengetahui minat dan bakat siswa, serta mewujudkan visi sekolah, yaitu menjadikan lulusannya yang kreatif dan terampil. 

“Kami juga mengarahkan siswa untuk belajar hard skill. Seperti salah satu prestasi yang kami banggakan pada 2019 lalu siswa kami berhasil meraih juara 2 tingkat nasional lomba desain grafis dalam rangka Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) di Yogyakarta,” katanya.

Dibalik kemampuan siswa dan dorongan guru yang mengajarkan keterampilan, sekolah membutuhkan guru hard skill dibidang keterampilan, yang sesuai dengan keterampilan unggulan di sekolah ini.

“Saat ini guru keterampilan kami masih menggunakan guru umum dan kami mengharapkan guru yang memiliki keterampilan khusus berkenan mengajar di sekolah, agar guru umum bisa fokus mengajar akademik mengingat SLBN 4 mencakupi tingkat SD hingga SMA,” ujar Siwi.

Memiliki 26 guru dan 94 siswa mulai dari tingkat SD hingga SMA, SLBN 4 membagi siswanya kedalam 17 ruang kelas sesuai kelompok dan rata-rata setiap kelasnya memiliki perbandingan 5:1, 5 siswa dan 1 guru.

“Kami memiliki panggilan khusus setiap kelompok agar tidak ada kecemburuan sosial saat diucapkan, yang terbagi menjadi 4 kelompok belajar, yaitu kelompok A kelainan pendengaran (tunanetra), kelompok B kelainan penglihatan (tunarungu), kelompok C keterbelakangan mental (tunagrahita), kelompok D cacat fisik (tunadaksa) dan authis,” tuturnya.

Setiap kelompok kelas memiliki jadwal masuk yang sama dan memiliki kegiatan wajib. Jadwal sekolah setiap hari Senin sampai Sabtu dengan jadwal SD masuk pukul 07.30 WIB–10:30 WIB, SMP masuk pukul 07.30 WIB–11.15 WIB dan SMA masuk pukul 

07:30 WIB–12:40 WIB.

“Kegiatan wajib yang kami rutinkan sama seperti pada umumnya yaitu Senin melaksanakan upacara, Jumat melaksanakan tafakur dan Sabtu melaksanakan senam,” tutupnya. (MG1)

 

 

Kategori :