Dispendik Bengkulu Utara Berikan Bimtek Implementasi Program Kesiapan Bersekolah di PAUD dan SD

Senin 15-08-2022,18:47 WIB
Reporter : Aprizal
Editor : Rajman Azhar

ARGA MAKMUR, BENGKULUEKSPRESS.COM - Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) di bawah Bidang Pembinaan PAUD dan PNF menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Implementasi program kesiapan bersekolah bagi satuan PAUD dan Penguatan Forum Komunikasi PAUD-SD Tahun 2022.

Kegiatan tersebut dilaksanakan guna mensosialisasikan pentingnya program kesiapan bersekolah bagi pemangku kepentingan, dan saling berbagi informasi antar perangkat sekolah di PAUD dan SD.

Kepala Dipendik BU, Kardo Manurung MPd menjelaskan, tujuan dilaksanakan Bimtek Implementasi Program Kesiapan Bersekolah dan Penguatan Forum Komunikasi PAUD-SD adalah agar terciptanya  keselarasan layanan pra SD serta penguatan kemitraan antara PAUD dengan SD,  secara khususnya pembelajaran bagi anak usia dini (5-8 tahun) di PAUD dan SD.


Pelaksanaan Bimtek Implementasi program kesiapan bersekolah bagi satuan PAUD dan Penguatan Forum Komunikasi PAUD-SD Tahun 2022.-(foto: aprizal/bengkuluekspress.disway.id)-

"Ini untuk mendukung masa transisi PAUD ke SD karena seringkali ditemukan identitas dan ekspektasi yang berbeda antara PAUD dan SD, serta adanya perbedaan strategi kurikulum di PAUD dan SD yang terkadang menimbulkan patahan," kata Kardo.

Lanjutnya, dengan sering terjadi  di lapangan  beberapa praktek pembelajaran di PAUD yang fokus pada penyiapan anak agar dapat membaca, menulis dan berhitung (calistung) sebagai respon terhadap tuntutan masyarakat terhadap kemampuan anak pada saat anak masuk SD padahal hal tersebut sangat bertolak belakang dengan implementasi kurikulum yang ada di jenjang PAUD. Maka dari itu, Bimtek ini harus diberikan guna memberikan pemahaman akan transisi anak-anak dari PAUD ke SD supaya tidak ada kesenjangan lagi nantinya. Dengan demikian, melalui kegiatan ini akan ada pemahaman yang tepat mengenai pengelolaan pembelajaran.


Pelaksanaan Bimtek Implementasi program kesiapan bersekolah bagi satuan PAUD dan Penguatan Forum Komunikasi PAUD-SD Tahun 2022.-(foto: aprizal/bengkuluekspress.disway.id)-

"Kita harap melalui kegiatan ini akan ada pemahaman yang tepat mengenai pengelolaan pembelajaran," tandasnya.

Untuk diketahui dalam kegiatan ini, pihak Dispendik BU menghadiri 5 Narasumber,  dua diantaranya dari merupakan dari pihak Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan (BPMP) Provinsi Bengkulu dan sisanya narasumber dari pihak Dispendik BU.(127)

Tags :
Kategori :

Terkait