Bengkulu Paling Siap

Selasa 05-03-2013,13:00 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

Tuan Rumah HPN 2014 BENGKULU,BE - Penyelenggaraan hari Pers Nasional 2014, final akan dilaksanakan di  Provinsi Bengkulu. Surat Keputusan (SK) penunjukan HPN 2014 dari PWI Pusat, segera dikeluarkan PWI Pusat. \"Satu minggu lagi (setelah peninjauan),\" kata  Ketua PWI Pusat Margiono, saat tiba di Bandar udara Fatmawati, Pukul 15.00 WIB, kemarin.

Margiono datang ke Bengkulu selain untuk meninjau kesiapan Bengkulu sebagai tuan rumah HPN 2014 juga akan mengisi seminar dalam rangka memperingati Hari Pers Daerah pagi ini di Grage Horizon. Kedatangannya ke Bengkulu bersama tokoh pers Indonesia yang juga mantan Ketua PWI Pusat Tarman Azam dan Rudi Novriyanto (PWI Pusat). Ketua PWI Bengkulu Sukatno SPd, CEO RB Media Grup HM Muslimin dan Kadishub Provinsi Drs Eko Agusrianto ikut menyambut kedatangan Margiono.

Provinsi Bengkulu, nilai Margiono, paling siap menjadi tuan rumah HPN 2014 dibanding daerah lain. \"Secara prinsip-kan (Penyelenggaraan HPN) dari Timur ke Barat. Barat ya Sumatera. Sumatera yang paling siap ya Bengkulu. Karena, yang meminta itu Kepri (Kepuluan Riau) tapi 2015, Lampung meminta tapi belum serius. Yang serius ya Bengkulu, jadi secara prinsip final di Bengkulu,\" kata Margiono.

Dia mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu sudah sangat siap menjadi tuan rumah HPN 2014. Namun, Pemprov Bengkulu diminta merumuskan persoalan pembangunan, sehingga pemerintah pusat bisa didorong menyelesaikan saat penyelenggaraan HPN nanti. \"HPN itu harus memberikan manfaat buat daerah. Kita juga akan melihat ada program atau masalah apa yang harus bisa kita masukan sebagai agenda yang harus diselesaikan,\" kata Margiono.

Persoalan tersebut harus diinventarisir, supaya pemerintah pusat bisa turun tangan menyelesaikan program daerah. Sehingga setiap penyelenggaraan HPN di suatu daerah selalu memberikan manfaat.

\"Inikan bukan sekadar setuju lalu tetapkan, tapi harus menyelesaikan berbagai persoalan, maka harus kita rumuskan, daerah juga harus  merumuskan,\" ujarnya. Sehingga penyelenggaraan HPN ada manfaatnya bagi setiap daerah. \"Jangan sampai nanti disiapkan di Bengkulu justru membebani Bengkulu. Secara prinsip final di Bengkulu. Secepatnya surat keputusan itu keluar,\" katanya.

Dia juga melihat adanya semangat menjadi tuan rumah yang ditunjukan oleh Pemerintah daerah, PWI Cabang Bengkulu dan masyarakat. \"Karena tidak bisa, kalau PWI-nya saja yang semangat. Tapi Pemdanya tidak,\" ujarnya.

Tak Ada Alasan Menolak Gubernur Bengkulu, H Junaidi Hamsyah SAg MPd menegaskan Bengkulu sudah layak untuk menjadi tuan rumah HPN. Ini dilihat dari seluruh elemen baik Pemda, PWI maupun masyarakat yang mendukung pelaksanaan HPN tersebut. Ditambah lagi, Bengkulu telah berpengalaman mengadakan event nasional.

\"Kita sudah siap untuk menjadi tuan rumah HPN 2014 mendatang, dan menyambut 2 ribu lebih wartawan di seluruh Indonesia. Ini juga bisa meningkatkan APBD setelah digelarnya event tersebut. Mengenai fasilitas pendukung lainnya, kita juga sedang berbenah,\" ungka Junaidi saat menjamu Margiono di Gedung Daerah.

Terpenting, nama Bengkulu bisa terdongkak di mata nasional melalui event nasional. Nantinya 2 ribu wartawan yang hadir di HPN itu akan menulis tentang Bengkulu. Implikasinya bisa menjadi nilai tambah dalam mempromosikan wisata Bengkulu. \"Begitu banyak potensi wisata yang ada di Bengkulu, namun masih belum terekspose,\" paprnya.

Hadir pula Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), dan Ketua PWI Cabang Bengkulu, yang sekaligus GM Bengkulu Ekspress Sukatno dan pengurus PWI Bengkulu lainnya. Acara berjalan dengan penuh rasa kekeluargaan dan hangat. (160/100).

Tags :
Kategori :

Terkait