Jalur Gunung Rawan Perampokan

Senin 04-03-2013,17:07 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BENTENG, BE - Kawasan objek wisata dijalur transportasi liku sembilan gunung, di Kabupaten Benteng rawan terjadi perampokan. Belum lama ini Ketua LSM Komando Pengendalian Stabilitas se- Sumatera, Lailatul Kadri (42) mengalami perampokan di jalur gunung tersebut. Warga Jalan Sepakat Kelurahan Sawah Lebar, Kota Bengkulu, ini harus kehilangan sepeda motor dan sejumlah uang miliknya. Setelah ditelusuri perampokan itu terjadi akibat pos jaga yang sudah dibangun di jalur gunung itu ternyata tidak pernah dijaga oleh polisi. Kawasan yang sepi dan tanpa penjagaan polisi inilah yang membuat para penjahat merajakeka di jalur gunung saat ini.

Sorotan ini disampaikan oleh Wakil Ketua LSM Topan Kabupaten Benteng, R.Mustika.  Ia mendesak kepolisian segera mengaktifkan pos jaga diliku 9 tersebut. Dengan menempatkan petugas khusus yang memang tugasnya berjaga di pos tersebut. \"Dengan dijaganya pos itu, dapat mencegah terjadinya aksi kriminalitas di kawasan itu. Selain itu juga dapat memantau jika bencana terjadi\" ujar Mustika.

Mustika menambahkan, penjagaan pos di gunung ini harus dilakukan oleh polisi. Karena kawasan itu merupakan jalur lintas penghubung ke ibu kota provinsi/kabupaten dan kota. Jadi selalu dilalui banyak masyarajat yang bepergian, baik menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua. Penjagaan pos gunung, harus dilakukan terutama malam hari. Karena kondisinya gelap dan sawangan (sepi), sangat berpotensi terjadinya aksi kejahatan disana.

Sementara itu, Kapolres Bengkulu Utara (BU), AKBP Asep Tedy N, SIK didampingi Kapolsek Taba Penanjung, Iptu Andi Ali Surya, ketika dikonfirmasi menyatakan siap menerjunkan personilnya untuk berjaga di pos jaga gunung tersebut. Kapolsek menegaskan  sebagai pelayan masyarakat, tentu polisi sanggup menjaga kawasan itu pada siang dan malam hari. \"Kita sudah terjunkan anggota untuk menjaga pos polisi di gunung itu,\" ujar Kapolsek.

Sementara terkait peristiwa curas (Pencuroan dengan kekerasan) terhadap Ketua LSM Komando itu, tengah dalam proses penyelidikan polisi. Pelaku kriminal di kawasan gunung itu tengah diburu.  \"Kalau target kita pelaku curas itu harus berhasil ditangkap,\" tandasnya. (111) 

Tags :
Kategori :

Terkait