Kuota Haji Masih di Kota/Kabupaten

Sabtu 02-03-2013,12:00 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

RATU SAMBAN, BE - Calon jemaah haji yang akan diberangkatkan tahun 2013 ini, masih mengacu pada kuota dan daftar tunggu di Kota/Kabupaten.

Hal ini disampaikan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, H Suardi Abbas SH MH melalui Kepala Bidang Haji, Zakat dan Wakaf,   Drs H Zahdi Taher.

Terkait isu yang berkembang di masyarakat pengambilan kuota ke provinsi, Zahdi menegaskan selama  surat  pengusulan  gubernur ke Kementerian Agama belum  keluar, maka pembagian kuota akan tetap mengacu pada kuota kabupaten/kota selama ini.

Diakuinya, dari hasil evaluasi dan wacana  mengembalikan kuota ke provinsi banyak dipertanyakan masyarakat.  Butuh kajian yang mendalam karena sistem kuota provinsi memberikan imbas yang cukup besar khususnya pada calon jemaah haji kabupaten pemekaran.  Apalagi  pertemuan yang digelar pemerintah daerah beberapa waktu lalu  tidak menghasilkan keputusan terkait pembangian kuota haji tahun 2013, karena masih ada beberapa kabupaten yang merasa keberatan dengan sistem kuota provinsi.

“Kalau menggunakan kuota provinsi, ada beberapa kabupaten yang tidak mendapatkan kuota haji tahun ini, dan ini tentunya memerlukan kajian serius terhadap dampak sosial dan psikologis jemaah haji,” ujarnya.

Untuk itu, ia mengimbau kepada masyarakat khususnya calon jemaah haji untuk tidak risau ataupun gelisah terkait rancana kebijakan ini.   Karena pemerintah masih melakukan kajian dan akan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. (247)

Tags :
Kategori :

Terkait