Ikuti, Lomba HUT Pegadaian!

Sabtu 02-03-2013,10:30 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BENGKULU, BE - Untuk memperingati hari jadinya yang ke-112, Pegadaian mengadakan berbagai lomba untuk menghidupkan kreatifitas anak muda. Antara lain lomba penulisan artikel jurnalistik, lomba mengarang Cerpen pelajar SMP dan SMA, dan lomba penulisan artikel mengenai investasi emas.

\"Perlombaan ini dilakukan serempak di seluruh Indonesia namun untuk penilaian dan pembagian hadiah akan dilakukan di setiap kantor wilayah.  Dan Bengkulu masuk di kantor wilayah Palembang,\" terang Manager Area Pegadaian Bengkulu, Agus Setiawan. Untuk kategori Jurnalistik terbuka untuk semua wartawan media cetak dan artikel yang yang dikirim merupakan karya asli dan sudah dimuat di media cetak dan terbit antara tanggal 1 Januari hingga 10 Maret 2013.

Sementara untuk kategori penulisan artikel mengenai investasi emas, pesertanya adalah mahasiswa dengan syarat artikel tersebut merupakan hasil karya sendiri dan sedang tidak diikutkan dalam perlombaan lainnya, dengan tema bebas namun memiliki keterkaitan dengan pegadaian.

Sementara itu untuk  kategori Cerpen, pesertanya adalah pelajar SMP dan SMA.  Cerpen tersebut merupakan karya asli dan tidak pernah dipublikasikan  di  media umum atau penerbit dan Cerpen tersebut belum pernah diikutkan di perlombaan lainnya.  Dan temanya masih berkaitan dengan Pegadaian.

\"Untuk kategori jurnalistik satu peserta boleh mengirimkan lebih dari satu artikel, namun untuk kategori investasi emas peserta hanya diperbolehkan mengirim satu artikel,\" papar Agus.

Hadiah perlombaan ini sangat menjanjikan, karena untuk setiap kategorinya juara I akan mendapatkan 15 gram logam mulia.   Juara II mendapatkan 10 gram logam mulia dan Juara III, 5 gram logam mulia.  Dan saat ini 1 gramnya seharga Rp 526 ribu.  Pengiriman artikel maupun cerpen dapat dikirim langsung  ke kantor wilayah III Palembang, Jalan Merdeka Nomor 11 Palembang (30123).

\"Jika peserta kesulitan untuk mengirim langsung dapat menitipkan ke outlet Pegadaian terdekat. Dan jika peserta ingin tahu lebih jelas tentang kegiatan ini, dapa mengunjungi outlet Pegadaian terdekat,\" tambah Agus.

Tujuan dari kegiatan ini sendiri selain untuk memperingati hari ulang tahun Pegadaian juga sebagai sarana untuk lebih memperkenalkan Pegadaian kepada masyarakat.  Selain itu dengan adanya perlombaan ini Pegadaian berharap supaya jurnalis lebih kreatif dan masyarakat dapat mengikuti perkembangan Pegadaian dari informasi yang diberikan jurnalis.  Untuk pelajar dan mahasiwa Pegadain berharap dengan kegiatan ini mereka lebih kreatif dan mengajarkan mereka untuk terbiasa menulis.

Selanjutnya Agus menjelaskan selain kegiatan pelombaaan tersebut. Untuk provinsi Bengkulu Pegadaian juga akan melakukan lomba mewarnai untuk Taman kanak-kanak yang akan dilaksanakan 24 Maret di Mega Mall, dan pesertanya akan diundang oleh Pegadaian dan pada kesempatan yang sama ibu-ibu yang mendampingi putra putrinya lomba mewarnai juga akan diberi perlombaan Jinggel.  Selain itu Pegadaian juga akan melaksanakan kegiatan sosial yaitu operasi katarak gratis.

\"Operasi katarak gratisnya insya Allah akan dilaksanakan pada tanggal 27 Maret dan kemungkinan besar akan bekerja sama dengan Rumah Sakit Bhayangkara,\" ungkap Agus.

Dan khusus untuk kantor unit pelayanan syariah (UPS) Kandang Limun, Pegadaian akan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berkreasi yaitu dengan lomba foto dan desain brosur.  Untuk lomba foto jika mahasiswa tidak mempunyai kamera bisa langsung datang dan menggunakan  kamera Pegadaian dan berfoto di kantor UPS Kandang Limun. Dan untuk desain brosur pihak Pegadaian membebaskan apakah akan menggunakan desain komputerisasi ataupun menggunakan tangan. (251)

Tags :
Kategori :

Terkait