RSUD Kaur Bisa Tes Swab PCR

Senin 04-01-2021,20:38 WIB
Reporter : Dang Haijir
Editor : Dang Haijir

BINTUHAN, bengkuluekspress.com - Penanganan Covid-19 di Kabupaten Kaur akan semakin baik. Sebab salah satu alat pendukung yakni SWAB PCR sudah tersedia di RSUD Kaur. Peralatan ini resmi beroperasi sejak Senin (4/1). Selain SWAB PCR, juga dapat dilakukan pemeriksaan rapid test antigen.

“Peralatan sudah bisa dioperasikan dan tadi sudah kita uji coba. Ke depannya tak perlu lagi kirim ke Bengkulu untuk melakukan pemeriksaan SWAB,” ujar Direktur RSUD Kaur, dr H Ahmad Mufti, kemarin.

Dikatakan Mufti, selain Kabupaten Kaur, ada beberapa kabupaten lain yang juga sudah bisa melakukan tes SWAB yakni RSHD Kota Bengkulu, RSUD Manna, M Yunus, Tiara Sella serta beberapa RSUD lain di Provinsi Bengkulu. Dengan demikian ke depannya bila ada indikasi terpapar Covid-19, maka yang bersangkutan dapat dilakukan uji swab di wilayah masing-masing, tidak perlu menunggu dikirim ke Bengkulu.

“Jadi bila ada indikasi terpapar Covid kita akan lakukan uji swab sendiri ke depannya, sehingga cepat diketahui positif Covid atau tidak,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Harian Pelaksana tugas gugus tugas Covid-19 Kabupaten Kaur, Ujang Syafiri SPd membenarkan sudah dioperasikannya lab SWAB PCR dan rapid test antigen milik RSUD Kaur itu. Dikatakannya per Senin kemarin, maka seluruh pengiriman sample swab akan diserahkan langsung ke RSUD Kaur untuk dilakukan pemeriksaan oleh pihak RSUD Kaur sendiri.

“Iya sudah bisa dilakukan di Kaur, artinya mempercepat proses pemeriksaan dan tak memperpanjang antre yang selama ini masih dilakukan di Bengkulu dan kini cukup di Kaur,” jelasnya. (618)

Tags :
Kategori :

Terkait