Diduga Timses Bagikan Uang

Rabu 09-12-2020,20:51 WIB
Reporter : Dang Haijir
Editor : Dang Haijir

TALO KECIL, bengkuluekspress.com - Peristiwa dugaan politik uang (money politic) terjadi di Desa Taba Kecamatan Talo Kecil Kabupaten Seluma, pada Rabu (9/12) dinihari. Seorang pria kedapatan warga saat diduga hendak membagikan amplop berisikan uang tunai, yang diduga terkait salah satu pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Seluma.

Informasi mengenai dugaan politik uang tersebut diketahui berdasarkan video amatir warga. Di dalam video tersebut tampak pria mengenakan kaos berwarna kuning dihadang warga, dan diperiksa bawaannya. Warga kemudian menemukan sejumlah amplop dari kantong saku celana terduga pelaku.

\"Tangkap, kejar, fotoka, ndak bagi tanci Simbolon (tangkap, kejar, foto, mau bagikan uang Simbolon),\" ujar suara warga direkaman video.

Sementara itu pria tersebut tak mampu menjawab banyak pertanyaan warga, ia kemudian langsung diamankan warga yang marah. \"Dio ini (Apa ini),\" jawab pria terduga pelaku.

Diproses Bawaslu dan Gakkumdu Sementara itu Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Seluma yang mendapat informasi tersebut, langsung melakukan pengecekan ke lokasi. Anggota Bawaslu Seluma, Suryadi MPdi menyatakan, warga langsung melaporkan dugaan politik uang ke Panwas Talo Kecil untuk ditindaklanjuti.

\"Ini bukan Panwas ataupun Bawaslu yang menangkap, tetapi temuan warga dan diserahkan ke kami. Saat ini laporan sudah ada dan sedang kami proses, dan juga ditangani oleh Gakkumdu siang ini juga,\" jelasnya.

Bawaslu menyatakan akan melakukan pemeriksaan secara profesional, untuk mengungkap dugaan politik uang ini hingga tuntas.

\"Akan kami lakukan pemeriksaan siapa yang diduga memberi ini, dan siapa yang diduga akan menerima, dan akan kami dalami terlebih dahulu,\" singkatnya. (333)

Tags :
Kategori :

Terkait