4 Nakes Positif Covid, Puskemas Lukang Kule Perketat Prokes

Selasa 06-10-2020,21:29 WIB
Reporter : Dang Haijir
Editor : Dang Haijir

BINTUHAN, bengkuluekspress.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kaur melalui Dinkes Kaur lebih memperketat Protokol Kesehatan (Prokes) di Puskesmas Lungkang Kule. Hal ini menyusul empat tenaga medis yang berada di Puskesmas itu dipastikan positif terpapar Covid-19. Meski pelayanan umum diperketat, namun beberapa pelayanan lain misalnya emergency tetap dilayani. Petugas medis juga diberlakukan dengan cara bergilir. Sedangkan orang dekat dan yang pernah kontak erat dengan empat petugas kesehatan akan dilakukan pengambilan sample untuk uji swab.

Kepala Dinkes Kaur, Azwar SSos, mengatakan, saat ini tim gugus tugas Covid-19 bersama dengan Dinkes Kaur melakukan tracing riwayat perjalanan kepada keempat petugas medis yang positif terpapar Covid-19. Menurutnya sejak dinyatakan reaktif hasil rapid test, pada beberapa hari yang lalu mereka sudah menjalani isolasi mandiri.

“Jadi mereka ini satu tim yakni dari Nusantara Sehat (NS) sempat berlibur ke Bengkulu sebanyak 6 orang, tapi pulang dari itu mengeluhkan sakit sehingga dilakukan rapid test hasilnya reaktif sehingga diambil sample swab hasilnya dari 6 orang itu 4 diantaranya positif Covid-19,” terangnya.

Sementara itu, Sekda Kaur H Nandar Munadi MSi juga menyampaikan, saat ini pihaknya sudah memerintahkan untuk dilakukan tracing perjalanan kepada 4 orang atau tim itu. Selanjutnya akan diperiksa sejumlah orang yang pernah kontak fisik dengan mereka untuk dilakukan pengambilan sample swab.

“Jadi kini kita masih melakukan penyelusuran perjalanan mereka untuk dilakukan pengambil sample sejumlah rekan rekan-rekan yang kontak langsung,” terangnya.

Ditambahkannya, terkait dengan perubahan status Kaur pihaknya menunggu instruksi dari Provinsi Bengkulu. Namun yang pastinya saat ini proses kegiatan belajar mengajar siswa tetap berjalan sebagai mana meskinya dan melihat perkembangan lebih lanjut. Siswa SD, SMP dan SMA sederajat masih menjalani proses kegiatan belajar mengajar belum diberlakukan perubahan sistem kegiatan belajar mengajar.

“Kita mengimbau kepada masyarakat untuk tertib dalam berinteraksi gunakan masker, rajin cuci tangan dan tentunya patuhi protokol kesehatan,” imbaunya. (irul)

Tags :
Kategori :

Terkait