Proaktif Awasi Siswa

Rabu 12-02-2020,10:17 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress - Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kaur, Endy Yurizal SP, kembali mengimbau kepada para guru untuk proaktif mengawasi aktivitas siswa selama di sekolah. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk potensi tindak kekerasan dan penculikan.

“Masih ada laporan yang masuk ke saya kalau siswa masih ada yang suka bolos dan bahkan ada yang merokok, untuk itu saya minta kepada guru proaktif mengawasi siswanya,” kata Endy selasa (11/2).
Dikatakan Endy, untuk menjaga kedisiplinan peserta didik, para guru pun harus mengawasi mereka selama berada di lingkungan sekolah. Sebab saat ini banyak siswa yang bolos sekolah dan main Warnet. Juga Warnet ini ternyata banyak disalahgunakan generasi muda sebagai tempat bolos sekolah, dan ini sudah tingkat mengkhawatirkan.
“Guru harus secara proaktif mengawasi siswanya. Tak terkecuali saat jam istirahat, semua masih menjadi wilayah pengawasan guru, apa lagi akhir-akhir ini banyak isi penculikan,” terangnya.
Ditambahkannya, tugas piket guru menurutnya harus dilaksanakan secara optimal. Ketika beberapa siswa berkerumun, para guru wajib memantaunya, guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, seperti siswa yang sering bolos karena main game diwarnet. Selain itu juga, perkembangan teknologi informasi dewasa ini perlu dikontrol agar tak memberi efek negatif bagi siswa. Terlebih, semua informasi bisa dengan mudah dibuka.“Pergaulan anak-anak selama ini disekolah harus menjadi wilayah pengawasan guru dan sekolah, dan jangan sampai nanti terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” tandasnya. (618)
Tags :
Kategori :

Terkait