Pemkab Lebong Raih SAKIP Predikat B

Selasa 11-02-2020,10:38 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Mampu meningkatkan kinerja diseluruh Organisasi Perangkat daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong raih penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Daerah (SAKIP) Award 2019 dengan nilai predikat B, dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Penghargaan sendiri langsung diterima oleh Bupati Lebong H Rosjonsyah Sip MSi didampingi Sekretaris kabupaten (Setkab)Lebong H Mustarani Abidin SH MSi, Inspektur Daerah Lebong Jauhari Candra SP MM, Kepala Bagian (Kabag) Ortala Setkab Lebong Elsi Vera dan Kabid Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah Bappeda Lebong Partono, di Raddison Golf & Convention Centre batam, kota Batam Kepulauan Riau, senin (10/02).

Predikat B yang didapat sendiri mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya yang memperolah nilai CC. Dimana nilai B sendiri berdasarkan akumulasi penilaian SAKIP Award oleh Kemenpan-RB, yaitu Perencanaan Kinerja sebesar 30 persen, Pengukuran kinerja sebesar 25 persen, pelaporan kinerja sebesar 2 persen, Capaian Kinerja sebesar 20 persen dan Evaluasi Kinerja sebesar 10 persen.

Akumulasi penilaian yang diraih sendiri selaras dengan rancanagan Pembangunan jangka Menengah Daerah (RPJMD), Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD), Perjanjian Kinerja, Rencana Kerja, rencana Strategis (Renstra) hingga Rencana Kerja Tahunan yang memang harus benar-ebar efektif, ekonomis dan efisien yang dilakukan masing-masing OPD.

Diraihnya penghargaan SAKIP Award dengan nilai B dari Kemenpan-RB, menunjukan bahwa dibahwa kepemimpinan Bupati Lebong H Rosjonsyah SIp MSi peningkatan kualitas di berbagai bidang mempu menunjukan hasil.

Atas penghargaan yang diraih, Bupati Lebong H Rosjonsyah Sip MSi mengucapkan terima kasih banyak atas apa yang telah diraih. Dimana penghargaan sendiri tidak lepas dari kerja keras seluruh jajaran OPD yang selama ini telah koperatif dalam menyampaikan data-data yang jelas dan akurat, sehingga mampu di verifikasi oleh Kemenpan-RB.

“Sehingga sebelumnya di level CC namun bisa menigkat menjadi level B,”jelasnya, senin (10/02).

Ditambahkan Bupati, raihan level B sendiri tidak menjadikan Pemkab Lebong harus berdiam diri dengan hasil yang diraih, namun kedepan bagaimana agar capaian level bisa kembali meningkat menjadi level BB bahkan level A.“Karena tidak ada yang tidak mungkin jika kita semuanya mau bekerja keras dan maksimal,”ucapnya.

Untuk itulah kedepan dirinya kembali akan mengajak para OPD untuk kembali mengunjungi Kemenpan-RB untuk melakukan workshop, sehingga nilai SAKIP Lebong kembali meningkat dari nilai yang sebelumnya.

Tags :
Kategori :

Terkait