Kesadaran Pemeriksaan IVA Masih Rendah

Kamis 06-02-2020,10:34 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

CURUP, Bengkulu Ekspress - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, Syamsir SKM MKM, mengungkapkan bahwa saat kesadaran masyarakat untuk melakukan pemeriksaan terkait dengan IVA (Infeksi Visual Asetat) masih rendah. Padahal menurutnya hal tersebut penting untuk mencegah kanker serviks.

\"Saat ini kemampuan masyarakat khususnya perempuan untuk memeriksakan kesehatan terkait dengan IVA memang masih rendah,\" sampai Syamsir saat Rakor program pelayanan IVA kerjasama antara Dinas Kesehatan dan TP PKK Kabupaten Rejang Lebong di aula Dinas Kesehatan Rabu (5/2) kemarin.

Mengingat pentingnya pemeriksaan terkait dengan IVA tersebut, maka menurut Syamsir pihaknya dari Dinas Kesehatan akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar kesadaran masyarakat untuk melakukan pemeriksaan terkait dengan IVA meningkat guna mengantisipasi kanker serviks pada masyarakat Rejang Lebong.

\"Ini merupakan tugas kita bersama untuk mensosialisasikannya, hal ini sangat penting untuk mencegah masyarakat kita terkena kanker serviks,\" terang Syamsir.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Rejang Lebong, Fitri Hertikasari A Hijazi SE, menjelaskan bahwa kanker serviks saat ini di Indonesia menjadi masalah besar, dalam pelayanan kesehatan karena kebanyakan pasien datang pada stadium lanjut.

Hal ini diperkirakan akibat program skrining yang masing kurang. Perempuan yang berisiko terkena kanker serviks adalah usia diatas 30 tahun, dengan puncak usia tersering adalah 45-54 tahun dengan riwayat multipara.

Oleh karena itu, menurut Ketua TP PKK Kabupaten Rejang Lebong pencegahan kanker serviks dapat dilakukan dengan menjaga kesehatan reproduksi dan melakukan pengecekan kesehatan khususnya pemeriksaan IVA secara rutin bagi Pasangan Usia Subur (PUS).\"Dengan melakukan pemeriksaan IVA secara rutin, maka kita bisa mendeteksi gejala dari kanker serviks itu sendiri, sehingga penanganan lebih awal bisa kita lakukan,\" sampai bunda sapaan akrab dari istri Bupati Rejang Lebong DR H A Hijazi SH MSi tersebut.

Oleh karena itu, Bunda mengajak seluruh perempuan khususnya yang ada di Kabupaten Rejang Lebong terutama yang masuk dalam kategori pasangan usia subur untuk dengan sendirinya melakukan pemeriksaan IVA.

Selain itu, Bunda juga mengungkapkan, dalam rangka memperingati hari kanker sedunia, TP PKK bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong akan menggelar gebyar IVA yang rencannaya akan dilaksanakan pada 9 Maret mendatang di Puskesmas Sambirejo dan Sumber Urip Kecamatan Selupu Rejang.

Bunda berharap dengan adanya kegiatan tersebut, nantinya bisa meningkatkan kesadaran, dan pengetahuan tentang kesehatan organ reproduksi serta mencegah terjadinya progresifitas penyakit jika ditemukan gejala awal dari kanker serviks.

Dalam kesempatan tersebut, bunda juga mengungkapkan bahwa TP PKK Kabupaten Rejang Lebong dalam hal ini Pokja 4 yaitu Pokja kesehatan, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan kesehatan berhasil meraih juara 1 tingkat Provinsi Bengkulu terkait dengan pemeriksaan IVA. (251)

Tags :
Kategori :

Terkait