Relawan Pajak pada KPP Pratama Curup

Rabu 05-02-2020,13:06 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

 

CURUP, Bengkulu Ekspress - Guna memaksimalkan asistensi pelaporan wajib pajak khususnya wajib pajak orang pribadi untuk melaporkan SPT Tahunan, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Curup bekerjasama dengan relawan pajak dari IAIN Curup.

Relawan pajak ini berasal dari mahawiswa IAIN Curup Program Studi Perbankan Syariah. Mereka akan menjadi relawan pajak hingga Bulan Maret tahun 2020. \"Ada 20 mahasiswa dari IAIN Curup yang menjadi relawan pajak,\" sampai Kepala KPP Pratama Curup, Ery Heriawan usai pengukuhan relawan pajak di aula KPP Pratama Curup, Selasa (4/2) kemarin.

Dijelaskan Ery, para relawan pajak ini khususnya akan membantu para wajib pajak yang akan melaporkan SPT Tahunan melalui e-filling, menurut Ery, meskipun pelaporan SPT Tahunan melalui e-filling sudah dilakukan dalam beberapa tahun terakhir, namun karena hanya dilakukan setahun sekali, sehingga kemungkinan besar para wajib pajak sudah lupa, sehingga nanti para relawan pajak ini yang akan mendampingi mereka.

\"Target utama kita yang akan didamping para relawan pajak ini khususnya para ASN maupun karyawan swasta yang memiliki gaji tetap setiap bulannya,\" tambah Ery.

Para relawan pajak tersebut nantinya akan ditugaskan ditiga kabupaten yang menjadi wilayah kerja KPP Pratama Curup yaitu Kabupaten Rejang Lebong, Lebong dan Kepahiang.

Namun menurutnya pembagian kelompoknya nanti akan mereka disesuaikan dengan kebutuhan, karena menurut Ery pihaknya akan melakukan pemetaan terlebih dahulu terkait dengan jumlah wajib pajak orang pribdi ditiga kabupaten tersebut.

Kemudian menurut Ery, sebelum ditugaskan sebagai relawan pajak, para relawan pajak tersebut akan akan diberi pembekalan terlebih dahulu sebelum memulai tugas pendampingan. Mereka juga akan mendapat pendampingan dari pegawai KPP Pratama Curup, sehingga mereka benar-benar paham tentang perpajakan terutama mengenai tata cara pelaporan SPT Tahunan melalui e-filling.\\

Disisi lain ia menjelaskan, Khusus untuk KPP Pratama Curup, tahun ini merupakan tahun pertama pelaksanaan program relawan pajak, sedangkan untuk kantor pajak lain di Propinsi Bengkulu, terdapat program relawan pajak di KPP Pratama Bengkulu yang sudah memasuki tahun kedua bekerjasama dengan IAIN Bengkulu.

\"Dengan adanya relawan pajak ini, kami berharap bisa meningkatkan kesadaran WP dalam melaporkan SPT Tahunan, karena kehadiran relawan pajak ini diharapkan bisa membantu WP yang kesulitan melaporkan SPT Tahunan melalui e-filling,\" harap Ery.(251)

Tags :
Kategori :

Terkait