Satu Desa Satu Perawat

Selasa 28-01-2020,09:40 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com Bupati Bengkulu Selatan (BS) Gusnan Mulyadi SE MM, terus berupaya agar pelayanan kesehatan di BS semakin maksimal. Langkah yang dilakukan saat ini dengan merencanakan setiap desa memiliki satu perawat.“Kita menginginkan setiap desa ada satu perawat,” katanya. Gusnan mengatakan, adanya program satu desa satu perawat ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat membiasakan pola hidup bersih dan sehat. Tujuannya agar kualitas kesehatan melalui upaya promotif dan preventif dapat terlaksana dengan baik. Sebab, nantinya perawat setiap hari berada di desa tersebut.“Tugas perawat desa ini nanti, agar mereka dapat mengkampanyekan program kesehatan ke masyarakat,” imbuhnya.

Selain itu, sambung Gusnan mereka dapat selalu berkoordinasi kepada puskesmas atau rumah sakit disaat pertolongan pertama tidak bisa dilakukan lagi. Nanti petugas kesehatan di puskesmas secepatnya menanganinya.

“Kalau ada warga yang sakit, perawat desa segera tahu dan dapat langsung memberikan pertolongan pertama sebelum dibawa ke puskesmas atau ke rumah sakit,”

beber Gusnan.Kepala Dinas Kesehatan Siswanto SSos MSi mendukung penuh rencana satu perawat satu desa ini. Dirinya optimis dengan adanya satu perawat setiap desa, ke depan pelayanan kesehatan di BS semakin maksimal.“Ini program bagus dan kita mendukungnya. Mudah-mudahan dalan waktu dekat ini, rencana tersebut dapat segera kita wujudkan,” ujar Siswanto. (369)

Tags :
Kategori :

Terkait