Cetak Sawah Baru 250 Hektar

Senin 18-02-2013,16:06 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

TABA PENANJUNG, BE - Banyak cara dilakukan Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Benteng dalam mencapai program swasembada beras dan mempercapat pencapaian kesejahteraan petani khusus petani sawah. Salah -satunya, tahun 2013 ini, dinas Dintanbudhut Benteng telah memprogramkan mencetak atau membuat sebanyak sekitar 250 hektar areal persawahan baru. Lokasinya, seperti di Kecamatan Taba Penanjung, Pondok Kelapa, Pagar Jati dan lainnya.

\"Program cetak sawah baru ini, diharapkan kedepannya dapat meningkatkan kesejahteraan petani sawah didaerah ini. Untuk mencapai cita - cita itu diharapkan peran serta masyarakat yang lebih efektif lagi.,\" ujar Kadis Pertanian, Perkebunan dan kehutanan Benteng, Durani.

Durani menjelaskan, selain melakukan program cetak sawah baru itu, juga telah disiapkan bantuan bibit Padi Gogo untuk lahan seluas 1000 hektar.  Bantuan padi sawah sebanyak untuk lahan seluas sekitar 9000 hektar. Ditambah dengan pembangunan jalan usaha tani dan jalan pertanian dengan total anggaran sekitar Rp 4,8 miliar, pada anggaran tahun 2013 ini.

Belum lagi, ditambah dengan program bantuan handtraktor kepada kelompok tani persawahan yang tersebar di 144 desa dan 10 kecamatan di Benteng ini. Sejauh ini, Dinas Pertanian masih melobi pemerintah pusat agar ditahun ini, kabupaten bungsu ini bisa lebih banyak lagi mendapatkan kucuran bantuan hantraktor tersebut. \"Program bantuan untuk petani sawah ini sudah kita siapkan. Oleh sebab itu, kita minta petani untuk serius mengarapnya,\" pungkasnya. (111)

Tags :
Kategori :

Terkait