Menpora Baru Buka Porwil

Kamis 24-10-2019,11:09 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

Dimeriahkan Virza dan Citra Scholastika

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dipastikan hadir untuk membuka event Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) X Sumatera tanggal 2-9 November mendatang.Menpora yang baru menjabat dalam kabinet kerja Presiden Joko Widodo itu sudah memberikan konfirmasi terakhir kesiapannya datang ke Bumi Rafflesia.

“Surat sudah masuk ke Menpora, jadwal tidak berubah, beliau (Menpora) akan datang ke Bengkulu,” terang Kasubdiv Pengelolaan Dana Keolahragaan LPDUK Kemenpora, Rinto Ari Rakhmanto kepada BE, saat berada di Sekretariat Porwil X Anggut Kota Bengkulu, kemarin (23/10).

Dijelaskannya, Menpora dalam kehadirannya tidak didampingi dengan menteri lainnya. Termasuk rencana presiden ataupun wakil presiden yang juga akan hadir ke Bengkulu, belum bisa dipastikan. Sebab, menurut Rinto, dalam rencana agenda belum ada konfirmasi presiden maupun wapres dan menteri lainnya. “Sejauh ini belum ada. Masih menpora yang akan hadir,” tambahnya.

Pembukaan Porwil yang akan dilakukan di Stadion Semarak Bengkulu itu tentunya, selain Menpora pembukan akan dilakukan bersama Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah sebagai tuan rumah. Dalam pembukaan juga akan diramaikan oleh dua artis ibu kota yaitu penyanyi Virza dan Citra Scholastika. “Ada juga artis nasional yang akan kita tampilkan,” papar Rinto.

Selain itu, lanjut Rinto agar lebih meriah pembukaan Porwil se-Sumatera tersebut, akan ada pertunjukan budaya asli Provinsi Bengkulu. Termasuk ada pertujukan budaya dari 10 provinsi yang ada di Pulau Sumatera. Untuk budaya Bengkulu sendiri akan ditambilkan, seperti musik dol, tabut dan pertujukan situs peninggalan sejarah. “Semua peserta Porwil akan kita tampilkan budaya masing-masing. Jadi tidak hanya dari Bengkulu saja. Jadi penampilannya lebih ke milenial lah,” ujarnya.

Untuk lebih menyemarakan pembukaanya, akan ada pertujukan Videotron, pesta kembang api dan berbagai petujukan hiasan lampu lainnya. Sehingga dengan pembukaan lebih meriah itu, akan memberikan semangat kepada para atlet yang akan bertanding di Porwil X se-Sumatera tersebut. “Kita tampilkan lebih meriah,” kata Rinto.

Sementara itu, Wakil Gubernur (Wagub) Bengkulu, Dedy Ermansyah yang secara khusus untuk menggelar rapat persama panitia besar Porwil di Sekretariat Jalan Anggut itu, menegaskan, sejauh ini persiapan sudah hampir matang. Hanya ada beberapa hal yang masih dipersiapkan. Seperti veniu ranang di kolam renang Rafflesia belum siap. “Beberapa yang masih belum siap ini kita dorong terus, agar semuanya siap. Karena pelaksanan Porwil ini tinggal sebentar lagi,” papar Dedi.

Semua lokasi cabang olahraga (cabor) paling lambat tanggal 25 Oktober mendatang telah siap semua. Sehingga sarana olahraga tersebut bisa digunakan oleh para atlet untuk berlatih. “Sekarang sudah cukup bagus. Tinggal 15 persen lagi yang belum siap. Ini harus cepat selesai,” tuturnya.

Tidak hanya itu, Dedy juga menegaskan, untuk atlet Bengkulu juga harus dipersiapkan secara matang. Jangan sampai sebagai tuan rumah, justru tidak bisa mendapatkan mendali emas. “Atlet juga harus disiapkan. Pastikan kita sukses dalam pelaksanaan dan prestasi,” tutup Dedi. (151)

Tags :
Kategori :

Terkait