Normalisasi Sungai Air Putih Segera Dilelang

Rabu 04-09-2019,16:06 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

CURUP, BE - Terkait dengan pengembangan program normalisasi aliran Sungai Air Putih di Kelurahan Pasar Baru dan Kelurahan Pasar Tengah. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Rejang Lebong mengaku kegiatan yang merupakan bagian dari Program KOTAKU tersebut akan segera dilelang.

\"Untuk program normalisasi bantaran Sungai Air Putih melalui program KOTAKU Insya Allah Bulan September ini sudah lelang,\" sampai Kepala Bappeda Kabupaten Rejang Lebong, H Asli Samin SKM MKes, saat dikonfirmasi Selasa (3/9) kemarin.

Dijelaskan Asli Samin, saat ini pihaknya masih melengkapi berkas-berkas maupun dokumen yang dibutuhkan oleh Kementerian PUPR, karena memang program KOTAKU sendiri merupakan bagian dari program Kementerian PUPR. Bila memang berkas-berkas dan dokumen sudah siap, maka menurut Asli Samin segera dilakukan lelang.

Dijelaskan Asli Samin, sebelumnya pihaknya sudah melengkapi seluruh berkas dan dokumen untuk kegiatan tersebut, hanya saja setelah tim dari Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong melakukan pertemuan dengan tim dari KOTAKU Kementerian PU, dimana salah satu dokumennya masih kurang. \"Dokumen yang masih kurang tersebut yaitu dokumen terkait dengan pengukurn daerah terdampak,\" sampai Asli.

Menurut Asli Samin, sebelumnya pihaknya telah menyiapkan dokumen pengukuran, dimana dokumen pengukuran tersebut didapat setelah tim dari Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong melakukan pengukuran langsung daerah terdampak. Namun oleh tim KOTAKU dari Kementerian PU mensyaratkan bahwa dalam pengukuran tersebut harus dilakukan oleh tim dari Badan Pertanahan Nasional (BPN). Oleh karena itu, menurut Asli pihaknya dalam waktu dekat ini akan melakukan koordinasi dengan BPN Rejang Lebong untuk melakukan pengukuran ulang.

\"Kita berharap pengukuran ulang bisa segera kita lakukan bersama BPN, sehingga dokumennya lengkap dan segera lelang pada bulan September ini,\" harap Asli Samin.

Sementara itu, terkait dengan kendala lain termasuk persoalan dengan masyarakat, Asli Samin mengaku saat semuanya sudah beres, bahkan untuk masyarakat yang terdampak termasuk 12 rumah yang terdampak langsung saat ini tidak ada kendala lagi dan masyarakat sudah menyutujui untuk dilakukan penataan dikawsan tersebut.

Untuk diketahui, Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong melalui program KOTAKU akan melakukan normalisasi bantaran Sungai Air Putih sepanjang 400 meter yaitu dari Kawasan Belakang Bang Mego Kota Curup hingga jembatan Simpang Lebong. Dimana dalam normalisasi tersebut disamping kiri kanan sungai akan bangun jalan selebar empat meter serta dikawasan tersebut nantinya akan dijadikan ruang terbuka hijau yang bisa menjadi sarana bermain untuk masyarakat Rejang Lebong.(251)

Tags :
Kategori :

Terkait