Pemkab Optimis Raih Adipura

Senin 17-06-2019,10:18 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress - Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara (BU) dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bengkulu Utara telah melakukan berbagai persiapan untuk menghadapi penilaian Adipura yang akan dilakukan bulan ini. Persiapan yang dilakukan baik dalam bentuk dokumen maupun fisik. Selain itu, DLH Bengkulu Utara juga optimis bahwa tahun 2019 ini Kabupaten Bengkulu Utara akan meraih penghargaan Adipura.

Hal ini dikatakan Kepala DLH Bengkulu Utara, Ir Alfian MM, ketika dikonfirmasi Bengkulu Ekspress, belum lama ini. Bahwa terkait penilaian Adipura tahun ini, pihaknya telah mempersiapkan semuanya dan optimis akan mendapatkan penghargaan tersebut. \"Ya dalam penilaian Adipura tahun ini kita optimis meraih penghargaan Adipura,\" kata Alfian.

Alfian menambahkan, untuk penilaian adipura tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana yang menjadi penilaian adalah dalam bentuk dokumen dan fisik. Untuk penilaian dokumen pihaknya telah menyiapkan kebijakan strategi daerah (Jaksrada) yakni dalam pengelolaan sampah dan pengurangan sampah.\"Sejauh ini pemerintah daerah sudah berkomitmen pengelolaan sampah harus 80 persen dan untuk pengurangan sampah harus 20 persen,\" ujarnya.

Lebih lanjut Alfian menyampaikan, bahwa untuk pengelolaan sampah pihaknya sudah menggerakan masyarakat untuk membentuk bank sampah, terbukti saat ini di Kabupaten Bengkulu Utara sudah ada 5 bank sampah yang tersebar di wilayah Kabupaten Bengkulu Utara.

\"Untuk lebih meningkatkan lagi pengelolaan sampah pihak kita akan terus melakukan sosilaisasi untuk mengajak masyarakat untuk membentuk kelompok membuat bank sampah,\" tambahnya.

Selain itu, Alfian menuturkan, untuk fisik pihaknya juga telah melakukan bebagai pembenahan baik itu sarana dan prasarana, yaitu dengan cara memperbaiki drainase yang telah rusak dan juga melakukan pembersihan di seluruh wilayah Kabupaten Bengkulu Utara khususnya di Kota Arga Makmur. Dengan begitu, pihaknya yakin Kabupaten BU bisa meraih Adipura tahun 2019.

\"Ya semua ini akan terwujud apabila seluruh elemen masyarakat dan seluruh instansi yang ada di Kabupaten BU mendukung dengan cara sadar akan kebersihan. Semua ini tidak mungkin bisa dilakukan oleh pihak DLH saja,\" tukasnya. (127)

Tags :
Kategori :

Terkait