Upacara HUT Kaur ke-16Wajib Pakai Baju Adat

Kamis 23-05-2019,09:05 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress- Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kaur ke-16 yang akan digelar di lapangan Merdeka Kota Bintuhan hari ini, Kamis (23/5), berbeda dengan tahun sebelumnya. Perbedaannya, tahun ini Pemda Kaur menginstruksikan agar semua peserta upacara HUT Kaur agar mengenakan busana adat Kaur. Tujuannya untuk membuktikan sebagai bentuk kecintaan atas segala budaya dan tradisi.

“Untuk upacara besok (hari ini) akan kita gelar di Lapangan Merdeka Kota Bintuhan, dan untuk peserta upacaranya harus berpakaian adat Kaur,” kata Kabag Humas Setda Kaur, Edyan Sirajudin M Pd kemarin (22/5).

Dikatakan Sirajudin, pakaian ada ini untuk mempromosikan adat dan budaya daerah. Juga penggunaan busana adat Kaur yang digunakan harus sederhana dan sopan sesuai dengan aturan berpakaian adat Kaur yang benar. Dimana ini merupakan momentum historis perjalanan panjang keberadaan Kabupaten Kaur berdiri selama 16 tahun, dan berbagai perkembangan menuju kemajuan pembangunan di berbagai sektor sudah dapat dirasakan oleh masyarakat Kaur.

“Ini tak lain untuk membuktikan sebagai bentuk kecintaan atas segala budaya dan tradisi Kaur, dan pakai adat Kaur ini harus kita lestarikan dan dikenalkan, salah satunya melalui upacara ini,” terangnya.

Ditambahkannya, untuk persiapan sudah seratus persen, tinggal pelaksanaan. Karena undangan sudah mengkonfirmasi akan menghadiri sidang HUT ke-16 Kabupaten Kaur. Juga untuk tema HUT Kabupaten Kaur ke-16 ini; “Mewujudkan peningkatan ekonomi masyarakat melalui pembangunan infrastruktur dan pengembangan sumber daya manusia Kaur mandiri dan sejahtera”.

Dengan tema ini diharapkan ke depan Kaur akan lebih maju lagi. “Mudah-mudahan pelaksanaan HUT Kaur ini berjalan lancar dan semua undangan sudah kita sampaikan, dan insyaAllah kalau tidak ada halangan nanti gubernur langsung akan memimpin upacara,” jelasnya.(618)

Tags :
Kategori :

Terkait