Kapolda: Waspada Penipuan Rekruitmen Polri

Selasa 12-02-2013,10:48 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

GADING CEMPAKA, BE - Dalam masa perkrutan Anggoa Polri, saat ini, maraknya terjadi penipuan calo atau oknum tak bertanggung jawab. Oknum ini mengatasnamakan pejabat Polda Bengkulu dan meminta uang kepada peserta atau orangtuanya, dengan dalih bisa meluluskan dalam tes Polri tersebut. Hal ini membuat Kapolda Brigjend Drs Aj Benny Mokalu,SH sangat geram.

Terlebih, para calo tersebut menggunakan nomor telepon genggam dengan nomor belakang, yang hampir sama dengan nomor handphone milik para pejabat utama di Polda Bengkulu. Menyikapi penipuan ini, Kapolda mengimbau masyarakat, khususnya peserta tes untuk waspada. Jangan mudah percaya, apalagi langsung menyerahkan uang kepada oknum tak bertanggung jawab dimaksud.

\"Dari informasi yang kami dapatkan, sudah banyak beredar orang mengatasnamakan pejabat Polda, dengan iming-iming dapat masuk sebagai anggota Polri. Mereka bahkan mengaku berasal dari panitia seleksi Polri. Ada juga dari internal kami yang nyaris menjadi korbannya. Karena nomor yang digunakan pelaku nyaris sama dengan beberapa pejabat kami. Untuk itu kami himbau agar masyarakat lebih waspada,\" kata Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Drs AJ Benny Mokalu SH melalui Kepala Bidang Humas AKBP Hery Wiyanto, kemarin.

Hery menegaskan, rekrutmen dilingkungan Polda Bengkulu menerapkan mekanisme yang sudah ditentukan. Tidak ada unsur suap menyuap didalamnya.  Heri menyampaikan Kapolda bakal menindak tegas, apabila ditemukan ada panitia yang meminta uang suap dalam penjaringan anggota polisi ini. \"Sudah ada contoh anggota yang kita proses ke ranah hukum. Karena berani menggunakan cara-cara diluar mekanisme yang ada dalam perekrutan Anggota Polri,\" tandasnya.

Kabid Humas juga menginformasikan, pelaku yang menggunakan nomor telepon mirip dengan nomor pejabat Polda merupakan modus baru. \"Nomor-nomor yang harus diwaspadai adalah 081380371989, 081319711988, 081311355678 dan 082343919899. Kalau dihubungi oleh nomor-nomor berikut, jangan dilayani,\" tukasnya.

Terakhir, Hery menghimbau apabila masyarakat membutuhkan klarifikasi, ia menyarankan agar masyarakat dapat menghubungi Karo SDM Polda Bengkulu. \"Silahkan catat nomornya. Beliau dapat dihubungi di nomor 08127811989 atau 073651294. Jangan sampai kemudahan tekhnologi memudahkan para penipu untuk melakukan aksinya,\" pungkasnya. (009)

Tags :
Kategori :

Terkait