Longsor, Tutup Jalan Curup-Lebong

Senin 22-04-2019,12:40 WIB
Reporter : redaksi2
Editor : redaksi2

CURUP, Bengkulu Ekspress - Bencana alam tanah longsor terjadi di Desa Taba Renah Kecamatan Curup Utara Minggu (21/4) pagi. Akibatnya material longsor sempat menutup jalan lintas Curup-Lebong dan membuat kemacetan hingga 1 KM. \"Karena material longsor yang menutup penuh jalan, sehingga sempat terjadi kemacetan hingga 1 KM hingga akhirnya bisa dilalalui oleh pengendara,\" sampai Kepala BPBD Rejang Lebong, Basuki SSos melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Rejang Lebong, Andi Purwanto.

Dijelskan Andi, material longsor yang menutup jalan tersebut berupa tanah, batu dan batang yang tumbang. Pasca mendapat informasi terkait adanya longsor tersebut, tim dari BPBD Rejang Lebong, dibantu TNI, Polri dan masyarakat langsung melakukan upaya pembersihan. Bahkan untuk mempercepat proses evakuasi material longsor BPBD Rejang Lebong langsung menurunkan alat berat berupa loader.

\"Longsor terjadi sekitar pukul 07.00 WIB, kemudian setelah dilakukn upaya pembersihan, sekitar pukul 11.30 WIB, jalan sudah bisa dilewati,\" paparnya.

Sementara itu, terkait penyebab longsor sendiri, menurut Andi kemungkinan besar karena dalam beberapa hari terakhir Kabupaten Rejang Lebong dilanda hujan dengan intensitas tinggi, air hujan tersebut kemudian menyebabkan perubahan struktur tanah sehingga terjadi longsor.

\"Untuk sementara, kita baru menerima laporan satu titik longsor ini, kita berharap tidak ada longsor lagi,\" harap Andi.

Namun menurut Andi, ia mengimbau masyarakat untuk tetap waspada karena intensitas hujan di Kabupaten Rejang Lebong masih cukup tinggi sehingga bisa memicu terjadinya longsor. Untuk pengemudi yang melintas di Kabupaten Rejang Lebong ada beberapa titik yang perlu diwaspadai karena rawan longsor seperti beberapa titik di jalan Lintas Curup - Lubuklinggau, kemudian jalan dari Beringin Tiga Kecamatan Sindang Kelingi menuju Bengko Kecamatan Sindang Dataran yang beberapa saat lalu terjadi longsor dibeberapa titik. Serta bebera titik di jalan Lintas Curup - Lebong khususnya dikawasan Taba Renah Kecamatan Curup Utara hingga Dataran Tapus Kecamatan Bermani Ulu Raya.(251)

Tags :
Kategori :

Terkait